Skip to main content

Melepas Lapar di Gang-gang Kecil Gresik dengan Nasi Menir

Hai, setelah sekian lama gak review masalah kuliner, kali ini saya (Jun) sudah menyediakan menu sarapan dan makan siang khas dari Kabupaten Gresik.
Kalau mendengar Kabupaten Gresik, pasti kuliner yang terlintas adalah Daging Krawu, Pudak, Lontong Roomo, atau mungkin Otak-otak Bandengnya. 

Setelah keliling bersepeda saatnya makan nasi menir
Nah, disini, saya mau memperkenalkan satu lagi kuliner khas Gresik yang jarang orang tau. Nama kuliner tersebut adalah Nasi Menir, bagaimana? Familiar? Tentu tidak.
Sebenarnya Nasi Menir ini juga ada di Lamongan, tapi menunya beda.
Nah, Nasi Menir Gresik ini di jual di pinggir jalan yang agak masuk ke Gang perumahan lama di daerah alun-alun, tepatnya di Gang SMANU 1 Gresik.
 
Ibu penjual sedang melayani pembeli
Jadi, bedanya Nasi Menir ini dengan nasi-nasi yang lain adalah nasinya disiram kuah yang dicampur dengan sayuran yang dicacah sedemikian rupa.
Setelah itu, nasi yang telah digenangi dengan kuah bening ini pun ditambah dengan lauk pauk yang banyak pilihannya, dan kita bebas pengen lauk apa aja.
Lauk pauknya terdiri dari Daging Krawu beserta bumbunya, Tahu dan Telor bumbu bali, brengkesan ikan, berbagai jenis lauk goreng, dan yang paling unik dari Nasi Menir ini adalah lauk Belut dan Mujair bumbu bali. Nah, kalau saya lauknya pilih tiga macam, yaitu Telor bumbu bali, Belut bumbu bali, dan Daging Krawu.

Macam-macam lauk untuk Nasi Menir
 
Setelah lauk pauk ditumpuk di atas nasi, kemudian (ini yang paling spesial) ditambahkan sambal mangga muda yang kecut-kecut pedas (jujur saya ambil sambal ini 2 penuh)
Rasanya jangan ditanya

Perpaduan antara asam manisnya kuah bening, dicampur dengan manis dan empuknya daging krawu, ditambah dengan rasa khas dari bumbu bali, lembutnya daging belut, dan pedasnya sambal mangga, dijamin akan membuat kalian merasa punya perut dua.

Nasi siap di santap
Untuk harganya, sangat bersahabaattttt sekali, untuk satu porsi dengan tiga jenis lauk tadi hanya seharga 18ribu rupiah, dan jika hanya satu jenis lauk saja hanya seharga 13ribu rupiah, itupun nasinya bukan porsi wanita diet, tapi porsi abang becak, jadi siapin perut karet ya kalo mau makan disana.

 NOTE
  • Harga :  Nasi Menir ini untuk 3 jenis lauk hanya Rp.18.000 (delapan belas ribu rupiah), sedangkan untuk 1 jenis lauk saja harganya Rp.13.000 ( tiga belas ribu rupiah). 
  • Lokasi  : Pinggir jalan yang agak masuk ke Gang perumahan lama di daerah alun-alun, tepatnya di Gang SMANU 1 Gresik. 

Sekian review kuliner kali ini, sampai jumpa di review selanjutnya 

Comments

  1. wah murah meriah tur pincukan gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo ke gresik kulinernya murah meriah wkwkwkwk #promosi

      Delete
  2. Duh Ikan Mujair nya bikin ngiler. Itu Brengkesan isi nya apa ya. Harga segitu pasti sudah kenyang banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brengkesan itu biasanya daging ikan yang dicampur dengan sayuran dan rempah2 yg dihaluskan mas :D

      Kenyang bangeeettt, mau nambah tapi perut gak kuat

      Delete
  3. Hasyem saat baca mangga muda kenapa mulut ini gimana gitu rasanya hahahahha. Yaowoh :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mas, kecut2 pedas, aku aja sampe nambah dua sendok hahahaha

      Delete
  4. Saya juga suka kulineran lokal yang masuk-masuk gang begini, biasanya citarasanya otentik, dan yang penting murah, hahaha! Nasi Menir layak masuk bucket list nih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kadang yang nyempil-nyempil gini rasanya gak kalah enak :D

      Delete
  5. informasi baru nih,
    bener banget, taunya cuma nasi krawu aja yg khas gresik
    wkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas di cobaaa kulineran satu ini :D

      Delete
  6. Kalau bilang nasi Menir aku ingatnya jadi meneer. :D.
    Tp 18ribu buat ukuran Gresik dapat lauk banyak kayak gitu worth it banget ya. Jadi lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. meneer nyonya meneer kah ? 😁

      Haha iya mbak, kapan-kapan ayo nyobain

      Delete
  7. Porsi dan lauknya mantap banget yaa :D
    Itu ada pepes yg sangat menggoda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggoda banget dan murah meriah mass hahah

      Delete
  8. Satu jenis sama tiga jenis lauk perbedaannya tidak terlalu mahal ya. Jadi lebih baik tiga jenis lauk aja sekalian... hehe
    Namanya sih baru dengar, tapi belum pernah liat langsung, jadi penasaran pengen makan nasi menir nih.. hehe
    Habisnya menggoda buat perutku pengen terisi makanan. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending beli 3 lauk mas hahah. Yuk mari ke Gresik

      Delete
  9. Wiiiihhh mantap nih enak banget kayaknya

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/beli-jr-pass.html?m=1

    ReplyDelete
  10. gresik itu memang bnyk makanan enak yaaa... pertama kali dulu nyobain nasi krawu aja udh tergila2 ampe skr, krn sambelnya yg pedeees... nasi menir ini aku yakin jg bakal bikin aku suka nih :D. udh lama ih ga ke gresik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh harusss cobain nasi mener ini mbakk, yuk ke Gresik lagii :))

      Delete
  11. baru tahu ada nasi menir ... tapi fotonya begitu menggoda, apalagi saya suka makan belut .. tapi di jakarta susah untuk mendapatkan belut ... eh malah curcol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mas ? Di jkt susah belut ?

      hikss yauda kemarii 😎

      Delete
  12. Satu-satunya penjual di dekat SMANU 1 atau ada yg lain? Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya cuma 1 yg ada disitu, di depan smanu 1 pas, yg jualan disitu cuma ibu2 ini

      Delete

Post a Comment

Terimakasih Pembaca Mesra Berkelana
Yuk jangan lupa kasi komentarnya. Siapa tahu kita ketemu dan jadi jalan bareng.

Popular posts from this blog

Begini Cara Membuat Telur Asin Asap di Desa Sanankerto

Setelah mengunjungi Desa Wisata Poncokusumo, tibalah waktunya untuk berangkatmenuju Desa Wisata Sanankerto. Desa Wisata Sanakerto ini terletak di Kecamata Turen, Kabupaten Malang. 
Jadi, apabila kalian mampir ke Turen ( yang terkenal masjid jinnya itu)  jangan lupa sempatkan mampir ke Desa Wisata Sanankerto. *dekat kok*

Saya dan tim #EksplorDeswitaMalang diantar menuju lokasi pembuatan telur asin. Hari itu kami diizinkan melihat proses pembuatan telur asin dari awal. 


Oiya jangan lupa disini tidak hanya menjual telur asin biasa tapi ada telur asin asap juga loh dan jangan lupa ada bebek ungkepnya juga. 

Cara membuatnya begini :
Pertama-tama siapkan telur bebek ( ini mentah loh ya ) , pastikan telur bebeknya sudah dicuci bersih dan siap diproses pada tahap berikutnya.   Setelah itu siapkan batu bata yg telah dihancurkan, jangan lupa beri garam dalam batu bata tersebut, lalu bungkus telur bebek dengan olahan batu bata tersebut.Proses selanjutnya diamkan dan tunggu selama kurang …

Jangan Sampai Tertinggal Bus Titian Mas #28JamMataramPart1

Hari itu kami berdua memutuskan untuk segera memesan tiket bus untuk tujuan ke Mataram. Kenapa kami memilih menggunakan bus ? padahal waktu itu harga tiket pesawat dengan tiket bus tidak jauh beda, mungkin selisih sekitar lima puluh ribuan. Jawabannya adalah ?

Karena perjalanan menggunakan bus menurut kami lebih menyenangkan, dan memiliki waktu panjang dan sekaligus banyak yang bisa kami dapat di perjalanan *Azek* Tentu sebagian orang bertanya-tanya “ Tiket Cuma beda 50, kok ya capek-capek kayak orang susah “ “ Ribet, kelamaan “ Dan perkataan lainnya.. Hahaha


Setelah memesan tiket, penantian begitu panjang yang ditunggu-tunggu akhirnya selesai. Kami siap dan berangkat menuju kota yang dikenal dengan seribu masjid apalagi kalau bukan Kota Mataram.



Siang itu kami menunggu bus di Terminal Bungurasih, bus akan berangkat tepat pukul 16:00 Wib. Sudah sekitar 2 jam kami menunggu bis. Pukul 15:30 Wib kami tetap menunggu diruang tunggu, sambil melihat-lihat dan mencari dari jauh awak bus kami. Kurang …

[REVIEW by Jun] Si Ganteng Pollock

Halo semua, apa kabar? Pada tulisan saya kali ini. Saya akan menulis review atau lebih tepatnya pengalaman pribadi saat menggunakan sepatu gunung Eiger Pollock. Basa-basi dulu ya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sepatu sangat berperan penting dalam kegiatan petualangan khususnya pendakian gunung. Mungkin banyak yang meremehkan fungsi sepatu pada saat mendaki, dan memilih untuk memakai sandal saja, padahal sepatu sangatlah penting untuk menunjang keselamatan dalam pendakian. Saking pentingnya sepatu, sekarang ini sudah banyak sepatu yang dikhususkan untuk pendakian gunung. Lebih lanjut lagi, saking pentingnya sepatu bagi pendaki gunung, maka ada beberapa tips untuk memilih sepatu untuk pendakian. Diantaranya sebagai berikut: 1.Tips yang pertama adalah, usahakan memilih sepatu yang tipe mid cut atau high cut, untuk pendakian tidak disarankan menggunakan sepatu low cut. Bingung? Yaudah saya jelaskan, yang pertama adalah high cut, jenis sepatu ini memiliki ciri-ciri menutupi bagian tumit sam…