Pengalaman Susur Gua Pindul Bersama Operator Resmi Dewa Bejo

Maghrib tiba di kawasan Desa Wisata Bejiharjo, saya dan Mba Aqid disambut oleh Mas Ariff, Mas Aji dan Mas Hanif. Kami membicarakan trip untuk keesokan harinya  sekaligus makan malam di depan operator Dewa Bejo. Dewa Bejo merupakan operator resmi wisata di Desa Bejiharjo. Paket berwisatanya beragam, mulai dari susur Gua Pindul, Gua Gelatik, Gua Sriti, Gua Kristal, Gua Tanding, Rafting Sungai Oyo dan Offroad Pindul. 

Tempat Menginap yang nyaman 

Setelah selesai makan malam, kami diantar oleh Mas Arif ke rumah untuk beristirahat. Rumah penginapan ini tidak terlalu besar, namun cukup  untuk menginap sekeluarga paling tidak diisi 4-8 orang. Fasilitas yang ditawarkan terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, halaman dan teras untuk menjemur pakaian. 

Malam hari saya menghabiskan waktu untuk mengobrol bersama-sama, sesekali saya keluar dan duduk di teras melihat bulan. Udara malamnya dingin menusuk, membuat kami semua tiba-tiba lapar mendadak. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari makan, namun usaha kami sia-sia karena warung di sini sudah banyak yang tutup.

Pagi harinya kami bersiap menuju operator Dewa Bejo. Kami mengawali pagi dengan sarapan di warung depan operator. Setelah sarapan, kami langsung menuju operator dan bersiap untuk susur Sungai Oyo. 

Bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena sebelum susur diwajibkan untuk memakai pelampung terlebih dahulu dan tentunya ada pendamping yang sudah bersertifikat. Jarak operator Dewa Bejo menuju Sungai Oyo sedikit jauh, sehingga kami harus naik jeep untuk menuju lokasi.Tidak sedikit warga mancanegara yang menggunakan operator Dewa Bejo. Saat itu saya berbarengan dengan beberapa wisatawan dari Malaysia.

Keceriaan saat susur Sungai Oyo. Foto oleh : insan wisata
Susur Sungai Oyo. Foto oleh : Insan Wisata

Karena kondisi saat itu arus sungai tidak terlalu deras, akhirnya kami terpaksa ditarik oleh pemandu. Jarak yang ditempuh untuk susur Sungai Oyo ini lumayan panjang jadi saya pun puas.
Pemandu sempat menawarkan kami untuk berhenti dan loncat dari tebing, Mba Aqid dan Mas Hanif pun mencoba untuk loncat. Saya yang takut ketinggian memilih untuk melihat mereka dari bawah. Karena saya penasaran akhirnya saya memutuskan untuk naik ke atas juga dan berujung..


TIDAK JADI LONCAT DONG KARENA BANYAK DRAMA 

HUEHUE

Siang makin panas dan rasanya ingin cepat-cepat cari tempat berteduh. Susur Sungai Oya pun terus berlanjut, sambil mendengarkan suara burung berkicau dan bambu-bambu yang tertiup angin.

Sampai akhirnya tak terasa sudah tiba di lokasi garis akhir. Saya turun dari ban dan berjalan menuju ke pos untuk naik jeep menuju operator lagi.


Setelah tiba di operator perjalanan berlanjut lagi menuju ke Gua Pindul. Bahagianya adalah saat itu saya berkunjung ketika hari kerja, sehingga kondisi Gua Pindul tidak ramai dan relatif lebih santai dan nyaman.

Tampak sepi, berkunjung di hari kerja. Foto oleh : Insan Wisata

Dari operator ke Gua Pindul, saya harus berjalan kaki sekitar 5 menit sambil membawa ban dan tentunya bersama pemandu. Saya menikmati sekali susur Gua Pindul ini, tidak ramai dan bisa fokus mendengarkan pemandu menceritakan isi dalam Gua Pindul tersebut. Mulai dari stalaktit yang tumbuh hingga beragam cerita mitos yang bisa dipercaya atau tidak. 

Susur Gua Pindul ini kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 45-60 menit, terkandung kondisi dalam Gua, mungkin kalau ramai bisa menghabiskan waktu lebih lama karena harus antri.
Di penghujung akhir susur Gua, pemandu menawarkan untuk loncat dan berfoto di area dalam Gua  yang atapnya agak terbuka. Namun saya memilih untuk duduk dan menikmati suasana sejuknya dalam Gua. 

Suasana sejuk di dalam Gua Pindul. Foto Oleh : Insan Wisata

Perjalanan susur Sungai Oyo dan susur Gua Pindul pun berakhir, badan mulai pegal dan kami semua kembali ke rumah untuk beristirahat. 


Tips

  1. Menuju Desa Wisata Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul dapat ditempuh menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor. Kondisi jalanannya bagus jadi aman, disarankan untuk berangkat di sore hari apabila ingin menginap atau berangkat di pagi hari tanpa menginap. (Arah dari UIN Kalijaga menuju Desa Bejiharjo sekitar 41 Km).
  2. Paket wisata Dewa Bejo bisa diakses melalui laman http://desawisatabejiharjo.net/ , tinggal klik “pesan” lalu konfirmasi ke operator. Pemandu yang berpengalaman serta bersertifikat menjadikan perjalanan tidak akan mengkhawatirkan.   
    Cara pemesanan tinggal kunjungi web, lalu klik pesan 
  3. Setelah klik pesan, maka akan muncul form ini lalu isi.

  4. Apabila ingin bermalam dan sewa rumah  atau konsultasi masalah paket wisata bisa langsung hubungi Mas Arif  berikut : 085741973511 atau 081227923007

     

8 comments:

  1. Aku malah belum masuk Gua Gelatik, padahal pas ke sana lagi selo banget waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaha semoga kapan kapan bisa kesana mas

      Delete
  2. Aku pernah susur Kali Oyo ini beberapa tahun lalu karena impulsif, hahaha. Seru banget! Sayang nggak terdokumentasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ternyata asik, tp sayangnya kemarin arusnya gak deras huhu

      Delete
  3. Kalau nggak rame banget asik banget asli hahaha

    ReplyDelete
  4. Masuk Pindul pertama kali tahun 2010, eh apa 2009 ya malah? Itungannya survey lokasi apakah Pindul layak dijadikan destinasi wisata apa enggak. Dan sesuah itu Pindul beneran dikelola serius dan rameee banget. Berkali-kali ke Pindul malah belum pernah susur sungainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, aku baru dger pindul ini mala 2012an Mba, saat temanku main 😂. Aku pun juga penasaran akhirnya, tp sayang pas dulu ke sana itu cendol bgt.

      Beruntunglah kemarin pas sepi . nah susur sungainya ini termasuk paket baru Mba, tp kalo pas banjir tinggi, susur sungai di offkan dulu

      Delete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~