Pengalaman Naik Kereta JOGLOSEMARKERTO



Semenjak di Jogja, saya semakin sering bepergian ke Semarang untuk mampir ke rumah Sepupu. Biasanya saya memilih untuk naik bis untuk ke Semarang. Namun, kini ke Semarang bisa juga dijangkau dengan menggunakan kereta api rute Yogyakarta- Semarang. Saya memilih perjalanan malam hari, karena harga tiket kereta api yang lebih murah cuma Rp. 44.000 dan perjalanannya lebih cepat sekitar 3 jam saja. 

Kereta JOGLOSEMARKERTO ini dibagi beberapa jam untuk keberangkatan dari Yogyakarta. Berikut jadwal keberangkatannya :

Harga Rp.44.000 mungkin harga pas baru buka rute. Sekarang jadi Rp. 48.000
Sedangkan yang berangkat dari Semarang, tiket JOGLOSEMARKERTO yang harga Rp. 40.000 ribuan itu hanya berhenti sampai Solo, tidak sampai Jogja. Sampai saat ini pun saya bingung mengapai PT. KAI membuat kebijakan seperti itu.  Sehingga beberapa kali, saya harus membeli dua tiket  JOGLOSEMARKERTO untuk 2 perjalanan, yakni Semarang- Solo dan Solo-Jogja.


Perjalanan kali ini saya bersama Jun berangkat menuju Semarang dengan memilih jam keberangkatan 19:40 Wib dari Stasiun Tugu Jogja. Kereta sudah tersedia, kami berdua langsung menuju gerbong pertama.

Saya kira kereta JOGLOSEMARKERTO ini bentuknya seperti kereta-kereta lokal. Tapi ternyata kereta JOGLOSEMARKERTO ini mirip dengan kereta LOGAWA, GAYA BARU MALAM dan beberapa kereta ekonomi lainnya. 


Karena kami terhitung sebagai pengguna awalan, kereta JOGLOSEMARKERTO ini cukup sepi sekali. Beberapa gerbong hanya terisi 10 orang saja. Saya juga sempat melihat ada segerombolan bocah yang pindah gerbong karena kedinginan akibat AC kereta. 

Toilet pun cukup bersih, seperti toilet kereta pada umumnya. Saya hanya beberapa kali melihat Prama dan Prami tampak beberapa kali saja menawarkan minuman hangat dan makan malam, tidak intens seperti biasanya. 
 
Jun sempat bilang ke saya di tengah perjalanan “ Wah, ini kayaknya kalo pagi lebih bagus lagi pemandangannya, malam gini gelap menyeramkan “ . Saya pun mengiyakan pernyataanya. Perjalanan menuju Semarang ini dari Jogja ditempuh kurang lebih 3 Jam dan tiba di Semarang kira-kira pukul 23:40 Wib.
Perjalanan pun berlanjut sampai tiba di Semarang dan disambut hujan lebat. 


*****

Perjalanan Pulang dari SEMARANG ke JOGJAKARTA dengan KERETA JOGLOSEMARKERTO 


Saat pulang kembali ke Jogja, kami akhirnya memesan tiket JOGLOSEMARKERTO lagi yakni tujuan Semarang – Solo Balapan dan tiket lanjutan Solo Balapan – Yogyakarta. Dari Semarang ke Solo, kami harus membayar tiket sebesar Rp.40.000, sedangkan Solo Balapan- Yogyakarta tarif tiket nya sebesar Rp. 32.000. 

Pilih yang SLOX ya jangan SLO aja tanpa X, karena kalian tidak akan menemukan jadwal ini kalo pake SLO.
Saat perjalanan pulang dari Semarang, gerbong kereta tentu lebih sepi lagi padahal ya posisi hari Minggu.  Gerbong yang kami naiki hanya berisi 5 orang, termasuk kami berdua.
Kami memilih JOGLOSEMARKERTO yang berangkat siang hari sekitar pukul 14;53 wib, karena waktu yang ditempuh cukup cepat hanya 2 jam. Pemandangan di siang hari ini cukup bagus sekali, kami melewati sawah-sawah, melihat gunung dan melewati beberapa stasiun kecil yang saya jarang sekali mendengarnya. 



Tiba di Solo Balapan, karena kami belum tahu prosedur chek in di dalam gerbong akhirnya kami berdua lari dan turun menuju luar stasiun dan melakukan chek in lagi untuk keberangkatan menuju Yogyakarta. Kami berdua betul-betul berlari kencang karena takut tertinggal haha..
 
Kami memilih harga tiket Rp. 32.000

Nah beda lagi dengan pengalaman berikutnya, saya hanya melapor pada petugas yang bertugas di atas kereta ( istilahnya chek in dalam gerbong). Jadi, saya tidak perlu turun dan lari untuk chek in

Perjalanan dari Solo ke Jogja cukup cepat, sekitar 1 jam saja kurang lebih. Kami berdua tiba di Stasiun Jogja tepat pukul 18:55 Wib. Apakah kalian sudah mencoba  kereta JOGLOSEMARKERTO ?

Perubahan ::

Btw ternyata sekarang kalo dari arah Semarang gak perlu beli dua tiket untuk tujuan ke Yogyakarta 

Caranya buka apps KAI atau web https://www.kai.id/ , lalu untuk arah balik klik SEMARANG TAWANG (SMT) tujuan YOGYAKARTA (YKX) *pakai X, jangan cuma YOGYAKARTA (YK) nanti gak akan ketemu jadwal yang seperti ini.

Nanti akan muncul seperti ini 



Untuk dari Yogyakarta pun tetap sama seperti sebelumnya, cuma ada kenaikan harga menjadi Rp. 60.000 untuk Joglosemarkerto kelas Ekonomi jam 19:55 Wib. Ingat kalo mau pesan ketik YOGYAKARTA (YK) tujuan SEMARANG TAWANG (SMT)

 

19 comments:

  1. Aku penasaran dengan kereta ini, pengen coba sih. Tapi kalau dari Jogja pagi kok perjalanannya luama banget ya. Kalau ambil malam sampai Semarangnya sudah larut sekali. Jadi enaknya gimana nih? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya yang pagi itu lama banget sampe 7 jam kalo gak salah. Hahah aku juga bingung mba, lah yang pagi dr Semarang juga mahal kalo dihitung2 meski cepet sih.

      Delete
    2. Soalnya dia lewat Purwokerto, Mbak. Jadi rutenya Jogja - Purwokerto - Semarang - Solo.

      Joglosemarkerto kan ada dua jalur:
      Yk-Pwt-Smt-Slo-Yk
      dan (anggep aja)
      Yk-Smt-Slo-Pwt-Yk

      Meski secara resmi nggak start dan finish di jogja.
      :)

      Delete
  2. Wah, udah nyobain ya mbak lidia.. Aku sama keluarga udah rencana pengen ke Purwokerto naek kereta ini.. Ternyata lumayan juga ya, harganya mirip kalau naik BUS PATAS.. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kris, awal muncul langsung pengen tahu dan nyobalah saya hahah. Enak sih pas berangkat lumayan lah, pas balik dr SMG terhitung agak mahal sih.

      Delete
  3. Kalo aku tertarik buat muter-muter dari SLO ke SLOX wkwkw. Entah habis berapa itu nek diitung.

    Kenapa cuma sampai Solo Balapan, karena ya memang di situ start awal keretanya. Joglosemarkerto ini punya 3 rangkaian kalau nggak salah. Start dari Purwokerto, start dari Semarang, sama start dari Solo (yang ini kurang yakin si, coba nanti aku tanya ke temen-temenku anak Kaskusepur.

    Ohh udah pakai rangkaian ekonomi tahun 2013 toh. yang seatnya 2-2 ya. bukan 3-2 kayak Logawa atau Gaya Baru Malam. Berarti dingin ini ACnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ak sampe bingung SLOX itu apa to sebenernya ?

      Hahah siap deh mas gallant ku tunggu infonya.

      iya 2-2, dingin banget mas, enak sih sakjane timbang ngebis wkwkw (kalo aku )

      Delete
  4. Nah iya, kalo nyambung di Solo ternyata memang ga perlu turun dan cek in lagi :D
    Repot juga kalo harus turun karena kereta cuma berhenti sebentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa wkwkw langsung chek in di kereta aja bisa. Duh.. aku pernah mengalami turun dulu lari2 buat chek in

      Delete
  5. Penasaran cobain, tapi mikir mahalnya harga tiketnya itu loh hahaha. Dari Solo ke Semarang murah naik KA Kalijaga yang berangkat jam setengah enam pagi. Trus Solo-Yogya banyak pilihan, ada Solo Express dengan harga hampir sama dengan Joglosemarkerto. Nah kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mas, emang mahal sih yg balik ini. Tp kalo berangkat dr Jogja ke Semarang ya relatif lah.

      Haha males aku mas, jamnya Kalijaga tuh pagi banget. Ga cocok buat sista-sista macam aku yg bangun siang wkwk

      Delete
  6. yang ngenes itu aku yang tinggal di tengah lingkaran jalur kereta api, hanya bisa berdoa semoga cepat dibangun dari semarang-jogja lewat Temanggung Magelang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk lho mas, yang arah Wonosobo itu ga ada ta yang lewat Temanggung ? aku serius tanya ini wkwkw

      Delete
  7. Wahhh selama seumur hidupku ak baru seklai naikm kereta, dan akhirnya bisa ngerasain naik kereta dong, seru bangettt daripada naik pesawaattt wuh,

    ReplyDelete
  8. Aku juga mau nyobain nih rute Semarang - Solo, pulang Solo - Semarang jalur Purwokerto.
    Biar kerasa keliling Jawa Tengah gitu.

    ReplyDelete
  9. aku sekali sih dari LPN ke SLO
    ini pake rangkaian K3 Dishub ya kayak Maleks
    iya biasanya harus transit di Solo klo mo ke semarang dari Jogja
    terus naik Kalijaga ya

    ReplyDelete
  10. Pengen tanya arti X itu apa ya? Ykx itu kita turun di stasiun tugu yogya atau lempuyangan? Tolong dijawab yaa..

    ReplyDelete
  11. Mohon info dong....Stasiun Yogyakarta (YKX) itu mana sih? Lempuyangan atau Tugu? Atau ada staaiun lain lagi selain lempuyangan dan tugu? Tk.

    ReplyDelete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~