31 Jul 2016

Suku Bawean, lebih dekat, lebih mesra!




Bawean lagi, Bawean lagi. Kalo ngomongin Bawean memang kayaknya gak akan ada habisnya. Mulai dari alamnya sampai budayanya. Kata banyak orang, Bawean itu Madura, padahal BUKAN (SALAH BESAR). Bawean lebih condong ke MELAYU, Cuma BAHASANYA aja yang mirip Madura.
Jadi Suku Bawean ini pekerjaannya sebagian besar adalah nelayan, iya nelayan yang kerjaannya mancing ikan di laut itu. Nelayan di Bawean punya banyak pilihan cara mendapatkan ikan, bisa mancing, bisa pake jaring, dan bahkan bisa spearfishing alias pake tombak atau pake tembak, dan pastinya cara-cara itu masih tradisional dan tidak akan merusak ekosistem laut. 
Puasa kemarin saya (Jun) sempet pulang ke Bawean, pulang kampung ke Dusun Dedawang, dusun saya ini termasuk salah satu kampung nelayan terbesar di Bawean, ikannya banyak dan karang-karangnya belum
rusak. 2 minggu mudik ke bawean saya habiskan beraktifitas di laut. Sehari sebelum lebaran, saya diajak sepupu memancing ikan di laut, karena bosan di rumah dan tidak beraktifitas padat, akhirnya saya ikut memancing. Ambil pancing, pasang kail, pasang umpan, dan marilah kita mendayung sampan menuju lautam, wuhuuuuusssss asikk

dayung-dayung
Tujuan kali ini adalah keramba ikan di tengah laut yang sudah tidak terpakai karena kosong. Anak-anak Bawean memilih keramba untuk lokasi memancing karena disana ada semacam gubuk untuk tempat berteduh dan keramba ini letaknya agak ke tengah, jadi ikan-ikannya diperkirakan lebih banyak daripada di pinggir.
Mancing
1 jam kemudian, ikan pun tidak didapat, matahari semakin panas, kepala tambah pusing, tidak minum dan tidak makan, menahan dehidrasi, karena memancing di siang hari dan di tengah laut saat berpuasa adalah hal yang tidak pantas ditiru ya hueheueh, bisa bikin pingsan atau mati seketika, hanya anak-anak nelayan yang mampu melakukannya /azek/. Sekitar jam 1 siang, 1 jam berikutnya dari 1 jam yang lalu (FYI, tadi sampai di lokasi memancing jam 11) akhirnya ada yang menarik-narik tali pancing sepupu saya, dan setelah diangkat ternyata ada ikan, yeeeee, dapet ikan, asik-asik lumayan buat buka puasa. 
Lalu, sekitar 15 menit berikutnya kail saya ditarik ikan dengan jenis yang sama, ini keluarga ikan bodoh semua apa ya, abis bapaknya yang kena, sekarang anaknya yang kena.

Bapak ikan

Anak ikan

Iya, 3 jam kami mancing, Cuma dapet 2 ekor ikan. Sedih deh sedih, akhirnya kami pulang sebelum jam 2 siang.
Selesai memancing, akhirnya kami mandi, sholat, dan setelah itu siap-siap untuk Rua Rua. Apa itu Rua Rua? Rua-Rua adalah budaya suku Bawean dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Jadi dalam prosesi Rua-Rua ini, setiap kepala keluarga membuat berkat yang berisi buah-buahan, beras, dan hasil panen lainnya, selain diisi hasil panen juga diisi jajanan-jajanan desa dan makanan ringan untuk anak-anak.
Ini berkatnya

Berkat

Ini isinya
 
isi berkat

Nah untuk selanjutnya, berkat yang tadi sudah dimasukin ke dalam kantong plastik diantar ke Musholla dan Masjid terdekat, setelah itu di masjid dan musholla diadakan doa bersama berupa ucapan syukur karena telah menjalani ibadah puasa dan juga ucapan syukur atas hasil panen dan hasil laut. Setelah proses doa selesai, berkat tadi dibagikan ke masing-masing yang hadir, jadi berangkat bawa berkat pas pulang juga bawa berkat, tapi berkatnya ditukar (tukeran berkat gitulah istilah gampangnya).

doa bersama

Setelah Rua Rua, aktivitas dilanjutkan dengan sholat maghrib, daaaaan setelah sholat maghrib, siap-siap untuk takbiran keliling kampung. Takbiran keliling disini biasanya mengarak sebuah "apa ya namanya" (bingung cari istilah yang tepat), hewan-hewan atau bentuk-bentuk, atau patung yang terbuat dari bambu yang dibentuk menyerupai hewan, masjid, atau ketupat yang identik dengan lebaran, dan kebetulan lebaran tahun ini dusun saya membuat patung kuda bersayap, ada ada aja.
 

kuda bersayap

Anak-anak bawa obor dan semua orang keluar rumah (ini serius) semua rumah kosong, semua orang turun ke jalan, bahkan di masjid  gak ada orang takbiran (ini juga serius), semua warga ikut keliling dusun.

arak-arakan takbiran keliling
Setelah pulang dari takbir keliling, saatnya membuat ketupat untuk dimasak malam ini dan dimakan esok hari saat lebaran.

bikin ketupat
masak ketupat

Jadi gimana? Setelah baca-baca kebiasaan-kebiasaan orang bawean, kamu gak pengen kesana? Kamu gak pengen mancing? Kamu gak pengen bakar-bakar ikan dan makan ketupatnya orang bawean?

Kalo masih belum pengen, tunggu aja tulisan-tulisan Bawean Selanjutnya!!!

Salam Mesraa

28 komentar:

  1. Suku Bawean kalau nggak salah sebagian besar adalah orang Madura ya mbak?. Cuma menurut info yang aku dapat dari orang-orang Madura sendiri, suku Bawean kekeuh mengaku bukan orang Madura. Tapi terlepas dari itu semua tradisi doa bersama mirip-mirip sama yang di Madura mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebagian besar pendatangnya emang madura, tapi suku aslinya sendiri bukan madura, bahasanya yg mirip madura mungkin karena terpengaruh sama pendatang yg emang lebih banyak dan sudah lama berbaur. Tapi itu tidak menghilangkan budaya adu sapi dan melaut warisan dari orang bugis dan tari mandailing dari orang2 melayu, kalau masalah doa bersama orang jawa pun mungkin ada juga kyknya mbak.
      Jadi emang bener kok orang bawean kekeuh bukan madura hahahaha

      Hapus
  2. Rua-rua itu berkat ternyata ya...dulu pas kesana barengan sama maulid nabi, orang2 pada bawa rua-rua tapi lebih gede...sekeranjang gitu.


    Menarik! Jadi kangen bawean. :D

    BalasHapus
  3. wah, seneng ya bisa mengeksplore budaya kampung sendiri. jadi pengen ke sana kalau ada pemandu lokalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, kalo kesana ama orang lokalnya memang lebih asik sembari belajar berbaur.

      Hapus
  4. wah bawean emang menggoda ya mbak buat berkelana

    BalasHapus
  5. wih . .
    jadi pengen berkunjung kesana . .
    pasti seru denganmasyarakat disana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget dong, ayo kesana bareng kita hahahaha

      Hapus
  6. sama mas, pernah juga mancing ikannya itu2 aja, nggak berubah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha mungkin mereka (ikan) sekeluarga bodoh semua kali ya 😂😂😂

      Hapus
  7. Di Bawean bukannya underwaternya bagus juga yah? sempat nyobain gak snorkeling, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempet mas rico, saya nyobain free-dive di pulau cina, deket rumah dan deket pulau bawean, gak dalem mungkin sekitar 3 meter, karangnya masih bagus, tapi gak sempet motret gara2 waktu itu belum punya kamera underwater hahahaha

      Hapus
  8. keren, Indonesia emang gak abis-abis keindahannya

    BalasHapus
  9. Yooo Olloh kok aku kangen berkatan nang gresik yooo, jaman cilik2 dhisek sering dapat kalo malam jumat di mushola

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha pulkam pulkam lah sini siap menemani mas hahahaha

      Hapus
  10. mancing siang hari + Puasa = nekat kamu mas hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, mau gimana lagi mas, diajak mancing gak bksa nolak, nekat2in aja lah hahahaha

      Hapus
  11. Saya pengen banget ke Bawean. Udah penasaran sejak lama, apalagi setelah dirimu bilang kalau orang Bawean itu lebih ke Melayu, cuma bahasanya aja yang mirip Madura. O iya, kalau mau kesana caranya bagaimana? Boleh dong dishare ,,, syukur-syukur bisa bareng ke Baweannya, jadi ada teman warga lokalnya hehehehe :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dateng aja ke pelabuhan gresik mas, pesen tiket di kantornya ekspress bahari, 3 jam kemudian nyampe bawean. Tiket gampang asalkan bukan lebaran hahaha maklum banyak yg mudik tiket terbatas.
      Boleh boleh kesana bareng, ntar disana nginep di rumah saya hahaha hubungi aja lewat email, semoga saya ada waktu, maklum lagi sibuk skripsi

      Hapus
  12. Beberapa kali merencanakan ke Bawean, tapi selalu gagal. Entahlah Bawean, Kangean, dan kalau bisa menyeberangi pulau-pulau lain seperti Masalembu, Keramean dll itu menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ditunggu di Bawean mas, jemput aku buat ke Karimun Jawa hhahaha

      Hapus
  13. seru sekali ya takbiran sambil keliling..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh seruu sekaliii, apalagi takbiran keliling kampung halaman.

      Hapus
  14. Pengen banget kesana tapi belum kesampaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak kesanaaa mainn, kontak kami ajaa pokok pas kami berdua gak sibuk kuliah Hahaha :D

      Hapus

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~