27 Agu 2023

PENGALAMAN PERSIAPAN PERJALANAN SEBELUM TOURING JARAK JAUH: PERSIAPAN FISIK, BARANG BAWAAN HINGGA KENDARAAN


Sejujurnya perjalanan touring bukanlah tipe saya, tapi kadang sesekali ya pengen lah melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan motor. Sama seperti perjalanan lainnya misal naik gunung, trip ke luar negeri atau trip dalam negeri, semuanya pasti membutuhkan persiapan mulai dari fisik, keuangan, itinerary hingga kendaraan. 

Saya tipe orang yang senang mencatat apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan, ya semacam membuat to do list. Dengan mencatat, harapannya apa aja yang diperlukan jadi gak tertinggal ataupun terlewatkan. 


Persiapan Barang Bawaan 

Biasanya sebelum berangkat, saya memastikan bahwa barang bawaan yang diperlukan selama perjalanan lengkap. ya paling tidak, kalaupun ada yang tertinggal, sisanya bisa beli di toko. Selain itu, karena perjalanan ini akan menggunakan kendaraan bermotor, saya memastikan bahwa barang yang dibawa itu tidak terlalu besar atau banyak. Karena kalau terlalu banyak, jelas menggangu mobilitas dalam berkendara, utamakan praktis dan aman.
 

Persiapan Fisik 

Sebagai bukan anak motor, jujur melakukan perjalanan dengan menggunakan motor sangat capek. Apalagi jika bukan kita yang menyetir, melainkan partner kita. Nah, menurutku penting sekali jika mempersiapkan kondisi fisik kita dengan baik, jangan dalam keadaan sakit atau ngantuk. Karena bagaimanapun, berkendara dengan menggunakan motor dan jarak jauh pasti lebih beresiko seperti terkena angin, udara yang panas atau terkena hujan. Kalau fisik kita dalam keadaan prima, maka perjalanan pun jadi semakin nyaman. 


Persiapan Kendaraan 

Namanya juga touring ya jelas yang harus dipersiapkan adalah kendaraan motor kita. Nah sebelum berangkat melakukan perjalanan yang jauh, jangan lupa cek 8 bagian terpenting saat mau melakukan motor. Nah hal penting apa sih yang harus diperhatikan. 



8 Hal Bagian Penting Harus Diperhatikan Saat Servis Motor 

1. Ban Motor 

Pemeriksaan ban secara berkala ternyata penting, performa ban juga menentukan nyamannya sebuah perjalanan. Semenjak saya tahu bahwa memompa ban di Planet Ban itu free, jadilah saya rutin untuk melakukan pengecekan ban di sana. Saat melakukan pengecekan, mekanik akan fokus mengecek tekanan udara yang ada di dalam ban serta kondisi ban secara keseluruhan. Sehingga bisa lebih tahu, kira-kira apakah ban dalam kondisi yang prima dan siap digunakan perjalanan jauh. 

2. Kampas Rem 

Setiap melakukan perjalanan jauh, rem menjadi hal yang penting untuk selalu dicek. Seperti saat melaju di daerah Sembalun, Lombok. Jalanannya berkelok-kelok dan naik turun. Di kondisi perjalanan seperti itu, keselaatan dan keamanan menjadi sangat penting. Jangan sampai, rem dalam keadaan blong akibat kampas rem sudah tipis sehingga kemampuannya menurun yang menyebabkan resiko kecelakaan. 



3. Aki atau Accu 

Jika motor sudah lama tidak digunakan, jelas kadangkala menjadi sulit sekali untuk dinyalakan sehingga harus dinyalakan dengan menggunakan stater kaki. Saat mesin menyala, tegangan aki berkisar antara 13,7 hingga 14,2 Volt, sementara saat kondisi mesin dalam keadaan mati, maka idealnya tegangan aki adalah antara 12,3 hingga 12,6 Volt. Jika tegangan motor tidak sesuai dengan ketentuan tersebut maka aki tidak layak digunakan dan harus segera dilakukan penggantian. 

4. Oli Mesin 

Semenjak buku panduan dari kendaraan saya hilang, saya sering sekali lupa melakukan pengecekan oli mesin. Padahal oli mesin berperan sebagai pelumas, pelindung dan pendingin mesin motor. Secara umum penggantian oli dilakukan ketika telah mencapai 2500km. Biasanya, biaya yang dikeluarkan tergantung oli merek apa yang kita gunakan serta ditambah biaya layanan penggantian oli. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli 

5. Oli Gardan 

Saya sebagai pengguna kendaraan matic, sering sekali mendengar pengecekan oli gardan. Oli gardan pada motor matic berfungsi melancarkan transmisi otomatis. Dalam proses penggantian, oli gardan cenderung lebih lama intervalnya dibanding oli mesin. Indikator yang menandai bahwa oli harus diganti adalah ketika terdengar suara bising dari boks CVT, suara motor juga terdengar kasar dan motor terasa bergetar saat dikendarai sehingga harus segera diganti. 

6. Busi 

Dulu saat menggunakan motor bebek, saya cukup bisa mengganti busi dengan sendiri. Sementara untuk saat ini karena motornya sudah matic, saya agak kesulitan untuk melakukan cek busi secara mandiri. Busi motor berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang tugasnya membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar. Apabila busi motor tidak berfungsi, maka motor tidak dapat dihidupkan lagi mesinnya. Kendala pada busi bisa terdeteksi seperti ketika motor sulit dihidupkan, tiba-tiba motor berhenti sesaat, akselerasi motor yang tidak maksimal dan suara mesin yang terdengar kasar serta terasa ada getaran. Sehingga mengecek busi sebelum melakukan touring merupakan hal yang wajib. 

7. Cek Filter Udara 

Filter yang kotor dalam sebuah kendaraan dapat mempengaruhi sistem injeksi dan karburator motor. Oleh karena itu, menjadi penting apabila filter udara dapat berfungsi dengan baik ketika menyaring udara kotor agar tidak masuk ke ruang pembakaran. So, jangan lupa tanyakan ke mekanik motormu sebelum melakukan touring jauh. 

8. Cek Tune Up Motor Terakhir, cek tune up motor. 

Seluruh kompenen pemeriksaan kendaraan disebut dengan servis motor tune up. Intinya adalah dilakukan pemeriksaan mulai dari starter, rem, klakson, kondisi lampu, ban, rantai, busi dan lain-lainnya. Saya sering mengamati daftar pembayaran servis motor yang di dalamnya selalu memuat “tune up servis”. 

Servis ini biasanya disertai dengan cek atau penggantian lainnya seperti ganti oli mesin, oli garda, cek lampu hingga ban. Biasanya mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu, misal apakah mau mengganti oli motor matic atau tidak. Jika saya setuju, maka proses penggantian akan dilakukan. Tapi kadangkala pun saya tipe memilih cara praktis, tinggal serahkan sepeda motor kemudian dilakukan cek secara menyeluruh. 

Pilih Bengkel Servis Motor Terbaik

Karena akan melakukan perjalanan jauh, rasanya penting bila bisa mendapatkan pelayanan servis yang bagus. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di sisi lain, karena ban yang saya gunakan adalah ban dari Planet Ban, maka saya cukup sering melakukan cek kondisi motor dan kondisi ban. 

Planet Ban merupakan salah satu bengkel servis motor yang cabangnya ada di mana-mana sehingga tidak perlu khawatir jika motor dalam keadaan perlu dicek atau melakukan penggantian spare part. Di bengkel Planet Ban sendiri, kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Servis motor rasa baru ini dikenal dengan sistem servis terpadu. Tujuannya yaitu untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada tipe servis ini adalah pada bagian motor yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, jarang dicek dan disetel rutin. 

Kira-kira manfaatnya apa sih kalau servis di Planet Ban? 

Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus yang berteknologi tinggi jadi bisa bikin performa motor meningkat dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi bisa lebih awet dan gak gampang rusak. 

Kalau mau dipadukan dengan menggunakan sparepart asli, maka kendaraan jadi bisa lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikannya ringan. 
Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km aja, dengan jarak tempuh sekian servis bisa dilakukan antara 4-6 bulan sekali, tergantung dengan intensitas pemakaian motor. Tentu ini gak bikin kita harus sering-sering datang ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi bisa lebih hemat dan gak bikin kantong jebol. 

Dengan cara yang demikian, setidaknya kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi motor berkurang. 
 

Servis Motor di Planet Ban dan di tempat lain bedanya apa sih? 

Apabila servis di tempat lain kadang-kadang masih banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan tidak jarang ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. 

Sementara jika melakukan servis motor di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan sampai benar-benar bersih. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran, sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Servis motor di Planet Ban bikin persiapan touring semakin lebih siap karena motor diservis seperti mesin baru. Di sisi lain, hasil tarikannya lebih ringan, emisi bisa turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin jadi lebih bersih total. Harga servis motor di Planet Ban yang lengkap ini sangat terjaungkat. Untuk servis motor injeksi dikenai tarif Rp. 20.000, servis CVT sekaligus rantainya Rp.19.500,- bahkan servis throttle body juga dikenai biaya sebesar Rp. 20.000. 

Jadi tahu kan apa saja yang harus disiapin sebelum touring, selain persiapan fisik, barang bawaan dan kendaraan. Di sisi lain, kalau motor rutin dilakukan cek kondisi ternyata manfaatnya banyak juga ya. Jadi kapan lagi berangkat touring dan kapan lagi servis motor? Yuk, ke Planet Ban dan dapetin layanan terbaik untuk servis motor rasa baru, agar touring jauhmu semakin aman dan nyaman.

6 komentar:

  1. Suka mampir ke Planet Ban karena isi anginnya gratis. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya wkwk lumayan bisa mampir kalo pas lagi ga bawa uang cash

      Hapus
  2. Banyak keuntungan ya service ban di Planet ban. Kepuasan pelanggan menjadi yang utama. Beda dengan tempat lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, aku sudah 2x ganti ban di sana. So far puas, merek bannya juga beragam

      Hapus
  3. aku juga sering ke sana karena lebih murah dari tempat servis lain-lain, ramah kantong mahasiswa

    BalasHapus
  4. Planet ban sudah jadi langganan saya sejak 10 tahun terakhir ini

    BalasHapus

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~