Berkelana ? Jangan lupakan hal ini

Hobi berkelana ? berjalan kemana-mana ? Mungkin bukan menjadi hal yang asing lagi atau hanya orang-orang yang memiliki keuangan banyak yang bisa melakukan kegiatan ini. Namun, sepertinya setiap orang berhak untuk menginjakkan kakinya di penjuru bumi ini. Nah tentunya dalam perjalanan ada beberapa hal dong yang harus dipersiapkan ?
Ini ada beberapa tips dari saya ketika berkelana ke perkotaan khususnya jangan lupakan hal ini.

1. CARI TUJUAN SESUAI DENGAN KANTONG

Sekarang udah canggih apa-apa ada. Tidak seperti pejalan dahulu kala harus menentukan budget sendiri tanpa ada gambaran. Kalau bagi kalian yang udah tau ada aplikasi penunjang berkelana kalian loh namanya " Logbook". Log book ini semacam aplikasi yang bisa di unduh via App Store atau Playstore, Nah disitu kalian akan tahu berapa sih perkiraaan budget untuk perjalanan kesana kemari. Tentunya kalian bisa menentukan mau gaya perjalanan apa ? ada yang adventure, mountain dan lainnya. Seru kan ? Makanya langsung deh buka Gadget dan Sign Up. aplikasi ini membantu memberi tahu lokasi wisata, budget dan lain-lain. dan kalian juga bisa berbagi itinerary kalian dong.

Logbook apk enjoy your trip. ( Pict from : http://www.panorama-magz.com/wp-content/uploads/2014/03/Android-Category.jpg )

2. TIBA DI TEMPAT TUJUAN ? LAKUKAN HAL INI !!

terkadang ada beberapa orang dengan bangga mengatakan tempat asalnya disuatu tempat. Tapi bagi kami tidak juga tergantung situasi. Ya memang sih niatnya meningkatkan kearifan lokal, pendapat disuatu tempat. Tapi kadang ngeri juga kalau harga yang ditawarkan ke para pendatang sangatlah mahal mampus. jadilah lakukan ini. Ada suatu cerita di perjalanan lalu kami saat ke lombok, saat tiba di pelabuhan bangsal, kami langsung sesegara mungkin menuju Gili Trawangan, namun sore itu berkata lain loket perahu sudah tutup jadi kami terpaksa melakukan aksi tawar menawar. Dengan embel-embel mengaku warga dekat situ ( Read : Bali) jadilah kami diberi harga lebih miring dibanding penumpang lain hingga kenaikan 10x lipat. Dan kami ? dari harga Rp.15.000 jadi Rp.25.000 lumayan bukan ?
Jadi tipsnya? mengakulah orang-orang daerah sekitar biar gak terlalu dianggap turis banget yang dikasih harga menjulang tinggi. Ma'lumlah kalo backpacker ya budget pas-pas'an.

3. BERTEMU DENGAN SESAMA WARGA, PASTIKAN AKRABKAN DIRIMU

Jangan remehkan kalau bisa banyak bahasa, ini membantu kalian saat kalian berkelana. Ceritanya ini tak terduga sih, saat kami di Gili Trawangan berhari-hari makan kami seporsi dihargai Rp.20.000. cukup mahal sih bagi kami yang background mahasiswa dan beasiswa jalan-jalan dari orang tua Haha. Lanjutlah pada malam itu kami iseng masuk ke Night Market di Gili Trawangan jadilah setelah berputar-putar kami menemukan lauk yang srek dan saatnya makan. Dan ternyata ketika kami berdua berbicara menggunakan bahasa jawa surabaya. Ternyata ibu penjual menyahuti suara kami dan bilang.
Ibu : Loh anak mana ?
Kami : Dari surabaya bu
Ibu : Oh anak surabaya ( Versi Jawa : Oh arek Suroboyo to )
Kami : Loh ibu asli jawa juga ? ( Versi Jawa :  Loh ibuk yo wong jowo ta ? )
Ibu: Wah iya saya dari Jombang nak. ( Versi Jawa : Wah iyo aku teko jombang nak )
Kami : wah jauh juga bu jualan nasi sampe Gili hahaha ( Versi Jawa: Wah adoh yo bu sampe nang Gili hahaha)
Setelah beberapa percakapan basa-basi akrab kami, setelah itu kami makan dan sesudahnya kamipun membayar.
Dan yang terjadi harusnya kami makan begitu banyak sebesar Rp.40.000. ternyata kami hanya membayar sebesar Rp.21.000 ada yang seporsi Rp.10000 dan ada yang seporsi Rp.11.000  Murah bukan ?


sekian tips tipis-tipis dari kami, selamat membaca.

2 comments:

  1. mantab nih aplikasi sangat membantu

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~