21 Jun 2023

Jalan Kaki Santai dari Stasiun Gubeng - Tunjungan Plaza

Minggu lalu tiba-tiba saya kangen naik kereta lagi, padahal ya 2 Minggu sebelumnya saya pergi ke Malang ya naik kereta api.  Tapi kali ini tujuannya beda, ya saya pengen naik KRD (Kereta Rel Diesel) dari tempat tinggal saya menuju Stasiun Gubeng, ya kira-kira menempuh 15 km. 



Gimana Caranya. 

Nah KRD ini diperuntukkan untuk perjalanan Surabaya- Sidoarjo- Gresik- Lamongan. Cuma untuk keberangkan dengan opsi yang banyak jam, hanya ada pada rute Surabaya-Sidoarjo.  Pesan tiketnya juga gampang, langsung booking via KAI Apps dan pilih bagian KERETA LOKAL.  Setelah itu ya bayarnaya bisa menggunakan QR. Harganya sekitar Rp. 4000/ sekali jalan. Menurut saya ini murah banget dan jamnya juga banyak tergantung dengan kebutuhan masing-masing. 



Pagi-pagi saya bersiap untuk berangkat, saya pilih keberangkatan jam 9 pagi karena gak terlalu pagi dan gak terlalu siang. Pemberhentiannya di Stasiun Gubeng. Oh iya Stasiun Gubeng itu jadi satu, bisa keluar di bagian Gubeng Lama atau di bagian Gubeng Baru. Nah saya pilih untuk keluar di pintu Gubeng Lama, karena dekat dengan arah ke Monumen Kapal Selam.

Perjalanan dari tempat saya ke Stasiun Gubeng cuma butuh waktu 30 menitan aja. Jujur ini cepet banget sih, dibanding kalau saya naik kendaraan pribadi bisa-bisa 1 jam atau lebih, tergantung dengan kondisi lalu lintas pada saat itu. 

KRD ini punya kursi 2-2 berhadapan, warnanya hijau nah bisa juga berdiri karena ada pegangannya, apabila kondisi KRD lagi rame. Nah tapi KRD di Surabaya ini cenderung yang gak rame-rame banget gitu, menurut saya. Terpantau semua aman dapet tempat duduk. Mungkin karena orang Surabaya sekitar lebih senang dengan moda transportasi yang lain ya, sehingga KRD ini gak terlalu sesak dan ramai. 

Sesaimpainya di Gubeng, saya turun dan berjalan keluarnya. Awalnya saya kepikiran ah naik transportasi online aja deh. Tapi setelah check di map. Jarak Gubeng Lama ke TP itu gak nyampe 5 km. Yasudah itung-itung saya jalan kaki sekalian olahraga kecil-kecil. 



Sebelum berangkat, saya sempatin untuk cek cuaca hari itu. Nah ternyata Surabaya lagi 32 derajat suhunya, jelas panas sih. Tapi untungnya siang itu, anginnya kenceng banget, jadilah gak kerasa panasnya. 

Sepanjang perjalanan saya kagum, karena fasilitas pejalan kaki semakin baik. Ada jembatan penyebrangan, lengkap dengan fasilitas liftnya. Trotoarnya juga nyaman karena dah minim penjual, jalanannya bersih dan bel buat nyebrang jalan juga berfungsi dengan baik. Mantap Surabaya. 

Oh ya karena sudah lama gak keliling kota, saya juga kemarin kaget karena ada "Alun-Alun Surabaya". Ya dari luar terlihat ramai sih, cuma waktu kemarin saya gak masuk, jadinya cuma bisa lihat dari luar. 

Saya juga seneng karena es krim Zangrandi gak jadi tutup. Nah di awal pandemi, mereka sempet bilang kalo bakalan tutup. Cobain deh ke sana.

Jalan kaki dari Stasiun Gubeng Lama ke Tunjungan Plaza ini jaraknya sekitar 1,5km. Nah buat kalian yang punya waktu lama buat transit di Surabaya, bisalah nyobain jalan kaki sebentar ini. Nanti bisa ke Monumen Kapal Selam, Alun-Alun Surabaya, Balai Kota, Kantor Gubenur sampai ke Tunjungan Plaza 1-6 haha. 

Jadi, gimana apa mau coba ? 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~