Semenjak di Jogja, saya semakin sering bepergian ke Semarang untuk mampir ke rumah Sepupu. Biasanya saya memilih untuk naik bis untuk ke Semarang. Namun, kini ke Semarang bisa juga dijangkau dengan menggunakan kereta api rute Yogyakarta- Semarang. Saya memilih perjalanan malam hari, karena harga tiket kereta api yang lebih murah cuma Rp. 44.000 dan perjalanannya lebih cepat sekitar 3 jam saja. 

Kereta JOGLOSEMARKERTO ini dibagi beberapa jam untuk keberangkatan dari Yogyakarta. Berikut jadwal keberangkatannya :

Harga Rp.44.000 mungkin harga pas baru buka rute. Sekarang jadi Rp. 48.000
Sedangkan yang berangkat dari Semarang, tiket JOGLOSEMARKERTO yang harga Rp. 40.000 ribuan itu hanya berhenti sampai Solo, tidak sampai Jogja. Sampai saat ini pun saya bingung mengapai PT. KAI membuat kebijakan seperti itu.  Sehingga beberapa kali, saya harus membeli dua tiket  JOGLOSEMARKERTO untuk 2 perjalanan, yakni Semarang- Solo dan Solo-Jogja.


Perjalanan kali ini saya bersama Jun berangkat menuju Semarang dengan memilih jam keberangkatan 19:40 Wib dari Stasiun Tugu Jogja. Kereta sudah tersedia, kami berdua langsung menuju gerbong pertama.

Saya kira kereta JOGLOSEMARKERTO ini bentuknya seperti kereta-kereta lokal. Tapi ternyata kereta JOGLOSEMARKERTO ini mirip dengan kereta LOGAWA, GAYA BARU MALAM dan beberapa kereta ekonomi lainnya. 


Karena kami terhitung sebagai pengguna awalan, kereta JOGLOSEMARKERTO ini cukup sepi sekali. Beberapa gerbong hanya terisi 10 orang saja. Saya juga sempat melihat ada segerombolan bocah yang pindah gerbong karena kedinginan akibat AC kereta. 

Toilet pun cukup bersih, seperti toilet kereta pada umumnya. Saya hanya beberapa kali melihat Prama dan Prami tampak beberapa kali saja menawarkan minuman hangat dan makan malam, tidak intens seperti biasanya. 
 
Jun sempat bilang ke saya di tengah perjalanan “ Wah, ini kayaknya kalo pagi lebih bagus lagi pemandangannya, malam gini gelap menyeramkan “ . Saya pun mengiyakan pernyataanya. Perjalanan menuju Semarang ini dari Jogja ditempuh kurang lebih 3 Jam dan tiba di Semarang kira-kira pukul 23:40 Wib.
Perjalanan pun berlanjut sampai tiba di Semarang dan disambut hujan lebat. 


*****

Perjalanan Pulang dari SEMARANG ke JOGJAKARTA dengan KERETA JOGLOSEMARKERTO 


Saat pulang kembali ke Jogja, kami akhirnya memesan tiket JOGLOSEMARKERTO lagi yakni tujuan Semarang – Solo Balapan dan tiket lanjutan Solo Balapan – Yogyakarta. Dari Semarang ke Solo, kami harus membayar tiket sebesar Rp.40.000, sedangkan Solo Balapan- Yogyakarta tarif tiket nya sebesar Rp. 32.000. 

Pilih yang SLOX ya jangan SLO aja tanpa X, karena kalian tidak akan menemukan jadwal ini kalo pake SLO.
Saat perjalanan pulang dari Semarang, gerbong kereta tentu lebih sepi lagi padahal ya posisi hari Minggu.  Gerbong yang kami naiki hanya berisi 5 orang, termasuk kami berdua.
Kami memilih JOGLOSEMARKERTO yang berangkat siang hari sekitar pukul 14;53 wib, karena waktu yang ditempuh cukup cepat hanya 2 jam. Pemandangan di siang hari ini cukup bagus sekali, kami melewati sawah-sawah, melihat gunung dan melewati beberapa stasiun kecil yang saya jarang sekali mendengarnya. 



Tiba di Solo Balapan, karena kami belum tahu prosedur chek in di dalam gerbong akhirnya kami berdua lari dan turun menuju luar stasiun dan melakukan chek in lagi untuk keberangkatan menuju Yogyakarta. Kami berdua betul-betul berlari kencang karena takut tertinggal haha..
 
Kami memilih harga tiket Rp. 32.000

Nah beda lagi dengan pengalaman berikutnya, saya hanya melapor pada petugas yang bertugas di atas kereta ( istilahnya chek in dalam gerbong). Jadi, saya tidak perlu turun dan lari untuk chek in

Perjalanan dari Solo ke Jogja cukup cepat, sekitar 1 jam saja kurang lebih. Kami berdua tiba di Stasiun Jogja tepat pukul 18:55 Wib. Apakah kalian sudah mencoba  kereta JOGLOSEMARKERTO ?

Perubahan ::

Btw ternyata sekarang kalo dari arah Semarang gak perlu beli dua tiket untuk tujuan ke Yogyakarta 

Caranya buka apps KAI atau web https://www.kai.id/ , lalu untuk arah balik klik SEMARANG TAWANG (SMT) tujuan YOGYAKARTA (YKX) *pakai X, jangan cuma YOGYAKARTA (YK) nanti gak akan ketemu jadwal yang seperti ini.

Nanti akan muncul seperti ini 



Untuk dari Yogyakarta pun tetap sama seperti sebelumnya, cuma ada kenaikan harga menjadi Rp. 60.000 untuk Joglosemarkerto kelas Ekonomi jam 19:55 Wib. Ingat kalo mau pesan ketik YOGYAKARTA (YK) tujuan SEMARANG TAWANG (SMT)