17 Mei 2022

Review La Casa Jogja | Bersantai Sejenak dengan Suasana Tenang dan Nyaman

Beberapa bulan yang lalu, saya sempatkan untuk mampir ke sebuah penginapan yang nuansanya asri dan sejuk. Hal ini saya lakukan karena bertepatan dengan seringnya Jogja mati lampu akibat hujan angin, sementara saya punya pekerjaan yang harus diselesaikan. Jadilah saya mampir ke La Casa Jogja. 







La Casa Jogja lokasinya berada di Gejayan, menurut saya penginapan ini lokasinya cukup strategis karena dekat dengan Hartono Mall, jika mau ke Jalan Kaliurang juga tidak jauh dan dekat dengan banyak tempat makan. Sehingga kalaupun tengah malam sedang lapar, bisa juga jalan kaki sebentar milipir ke Gudeg Gejayan. 

Awalnya saya sempat underestimate karena melihat plang di pinggir jalan dan diarahkan masuk ke sebuah gang. Namun ternyata parkiran mobilnya cukup luas, jadi mau bawa mobilpun juga tetap bisa parkir. 

Ketika masuk ke La Casa, kita akan langsung melihat dua kolam renang dan dua bangunan dengan satu tingkat. Lalu ada juga 2 kamar family yang bangunannya terpisah dan lebih besar. La Casa tidak menyediakan banyak kamar, mungkin ada 10-12 kamar (saya lupa) yang jelas buat saya menginap di sini menyenangkan karena suasananya tenang dan lumayan sejuk. Ketika malampun suasananya tenang dan terdengar hewan-hewan, ya meskipun kadangkala juga terdengar suara sepeda motor yang lalu lalang. 



Kamarnya menurut saya cukup luas untuk tipe Deluxe Double. Nah untuk fasilitasnya menurut saya cukup dan lengkap, seperti ada kulkas mini, pemanas air minum dan TVnya pun sudah menggunakan Smart TV jadi kalau mau bersantai nonton Netflix atau Disney Hotstar juga bisa. Kalau AC dan Wifi pasti ada dong gak perlu diragukan. Air mineral juga dapet beserta teh, kopi dan gula.




Sementara itu untuk kamar mandinya, menurut saya sangat luas dan bersih. Di dalamnya juga ada shower dan dapat sikat gigi, pasta gigi dan keperluan mandi seperti di hotel pada umumnya. Oh ya kalo hairdryer sih di sini ga ada, saya pun juga ga pernah pinjam. 





Secara keseluruhan saya senang dengan La Casa Jogja, minusnya cuma masalah pintu aja. Entah kenapa waktu saya nginep di sana, kunci pintunya itu susah banget nah sepertinya sih harus dikasih minyak biar lebih gampang dan gak susah. Lalu karena dindingnya kurang kedap, kemarin beberapa kali terdengar suara yang menganggu dari kamar sebelah.

Lalu untuk yang lainnya saya suka-suka aja, tidak ada kendala sama sekali. Kamarnya menurut saya bersih, catnya juga bersih dengan paduan warna putih dan navy. Meskipun ada warna Navy, menurut saya suasana kamar tetap nyaman dan tidak merasa sempit maupun gelap. 

Kalau misalnya mau berenang nah jangan lupa membawa handuk dari kamar masing-masing, karena di bawah tidak disediakan handuk dan tidak ada kamar mandi di bawah yang khusus untuk kita bersih-bersih setelah berenang. 

Di sini juga tidak ada breakfast jadi ya makan sendiri-sendiri. Tapi menurut saya oke aja sih, karena lokasi Gejayan ini cukup strategis dan tidak susah kalau misal mau cari makanan. 

Dari segi harga, nah harganya ini tidak bisa ditebak. Kebetulan sih saya waktu menginap dapat harga cuma 250ribu. Kalau sedang momen libur panjang tentu harganya bisa dua kali lipat. Tapi yang namanya lagi liburan gak masalah kan ya, nah kalo saya kan casenya sedang mengungsi karena mati lampu haha. 

Sekian review.

Jadi kapan kamu ke La Casa Jogja ? 


25 Mar 2022

Penasaran Wisata Tersembunyi Ini? Berangkat Langsung dengan Travel Jakarta Bandung

Bersama Travel Jakarta Bandung, Temukan Destinasi Tersembunyi di Kota Kembang


Travel bareng Cititrans


Siapa sih yang tidak suka kalau traveling ke Kota Kembang alias Bandung? Suasana sejuk, banyak tempat wisata kekinian, surganya wisata kuliner, penduduk yang ramah, hingga akomodasi mumpuni untuk berangkat ke sana, termasuk salah satunya Travel Jakarta Bandung. Bagi warga ibukota Jakarta, Bandung selalu menjadi destinasi favorit untuk melepas penat. Waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung hanya sekitar tiga sampai empat jam saja. Nah buat Anda yang sudah terbiasa ke Bandung saat liburan, pastinya mau dong dapat rekomendasi tempat wisata terbaru.


Kalau destinasi wisata atau kuliner hits sudah lengkap, ternyata Bandung menyimpan tempat indah yang tersembunyi lho. Tak sampai dua jam perjalanan dari Kota Bandung, Anda bisa sampai kelima destinasi berikut ini. Saat menuju Kota Kembang, pastikan Anda menggunakan transportasi aman dan nyaman seperti Travel Jakarta Bandung ya! Dengan konsep pool to pool atau tidak berhenti sepanjang perjalanan, Anda bisa sampai tepat waktu. Pool yang dimiliki jenis layanan transportasi ini juga terbilang strategis dan mudah dijangkau. Sudah penasaran apa saja sih destinasi wisatanya? Yuk, simak artikel di bawah ini.


Source: https://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-bukit-moko-dan-warung-daweung/
(Bukit Moko- Bandung)

Bukit Moko

Mulai dari melihat matahari terbit sampai menyaksikan indahnya taburan bintang, Bukit Moko memang jadi destinasi wisata yang tepat! Bagaimana tidak, suasana romantis dan eksotis bisa dengan mudah didapatkan di sini. Bukit Moko berada di area Cimenyan, Bandung. Dengan ketinggian sekitar 1500 meter dari permukaan laut, keindahan Kota Bandung bisa terlihat jelas. Tak hanya melihat sunrise dan menikmati puncak bintang, di sini Anda bisa mencoba trekking dibawah hutan pinus yang berbaris rapi. Bukit Moko sendiri dulunya berasal dari Kawasan Hutan Pinus yang akhirnya resmi dibuka secara umum sejak 2014 silam. Buat Anda yang mau menginap, juga tersedia camping ground dengan menyewa tanda dan kayu bakar. 


Tebing Gunung Hawu

Kawasan Padalarang punya segudang wisata tersembunyi yang jarang wisatawan tahu. Seperti, Tebing Gunung Hawu. Puncak Tebing Gunung Hawu merupakan perbukitan yang terbentuk dari kapur. Tak heran bila disandingkan mirip Natural Bridge di Virginia, Amerika Serikat. Di Tebing Gunung Hawu, Anda wajib menyaksikan sunrise yang tidak kalah cantiknya dengan Gunung Bromo dan Dataran Tinggi Dieng. Selain melihat matahari terbit, lakukan juga aktivitas menelusuri goa sedalam puluhan meter dan mencoba panjat tebing di ketinggian 15 meter atau 26 meter. Memacu adrenalin banget bukan? Sama seperti Bukit Moko, Tebing Gunung Hawu juga cocok dijadikan tempat untuk berkemah tak biasa, yakni di tengah kedua batu terdapat hammock yang diikat tali. Untuk keamanan, tenang saja sudah ada pihak profesionalnya ya!


Source: https://keepo.me/travel/wisata-gratis-di-bandung/
(Panorama Tebing Gunung Hawu)

Stone Garden Citatah

Nah, kawasan Padalarang juga punya Stone Garden Citatah yang terletak di Gunung Masigit, Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Destinasi wisata ini ternyata merupakan sebuah kawasan atau area pertambangan kuno. Namun, pemandangannya yang eksotis membuat Stone Garden Citatah berubah menjadi Geopark atau cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Serunya di sini, Anda bisa mencoba naik tebing-tebing batu yang aman dilakukan pemula. Setelah memacu adrenalin, manfaatkan juga berbagai spot foto instagrammable, seperti Jembatan Pelangi yang berfungsi menghubungkan dua tebing. Soal waktu terbaik menuju Stone Garden Citatah, yaitu pagi atau sore hari. Pasalnya minim pepohonan di sini akan membuat Anda merasa panas pada siang hari.


Menghirup udara sejuk dalam Hutan Pinus

Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang

Bergeser ke Bandung Timur, Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang juga menjadi destinasi tersembunyi yang dimiliki Kota Kembang. Bertempat di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Kawasan Wisata Batu Kuda dikelilingi hutan pinus yang sejuk dan berada pada ketinggian 1818 meter di atas permukaan laut (mdpl). Mitos penduduk setempat, batu kuda dianggap jelmaan kuda sembrani yang digunakan Eyang Layang Kusumah dan penguasa gaib Gunung Manglayang yang merupakan istrinya. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga, yaitu Botram, sebuah istilah Sunda yang merupakan piknik keluarga, berfoto ria, hammocking, hingga hiking. Fasilitas yang dihadirkan pengelola juga mumpuni lho, mulai dari lahan parker, mushola hingga MCK.


Gua Pawon

Terakhir, satu lagi wisata tersembunyi pada kawasan Padalarang, yaitu Gua Pawon. Berlokasi di Desa Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, Gua Pawon merupakan arsip sejarah yang bernilai sangat tinggi sehingga harus dilestarikan. Dilansir situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berdasarkan penelitian arkeolog dunia, terdapat lima situs Manusia Purba dan salah satunya yaitu Situs Manusia Purba Gua Pawon. Konon katanya, gua ini juga lekat dengan cerita rakyat Sangkuriang, di mana Dayang Sumbi pernah tinggal di dalamnya. Pada sisi gua, terdapat beberapa lubang atau kamar yang dipercaya peneliti merupakan tempat tinggal manusia bersejarah. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan gua yang indah!


Bersama Cititrans Travel Jakarta Bandung, Jelajahi Semua Destinasinya

Mau perjalanan ke Bandung aman dan nyaman? Pilih pelopor travel executive, Cititrans yang telah berkomitmen lebih dari 15 tahun. Selama pandemi COVID-19, Cititrans menerapkan protokol kesehatan ketat, yaitu wajib memakai masker, physical distancing atau jaga jarak antar penumpang di dalam armada dari 8 kursi hanya diisi oleh 6 penumpang, serta ruang tunggu pool dan armada disterilkan dengan disinfektan dan sinar UV secara rutin. Pesan tiket sekarang melalui www.cititrans.co.id, aplikasi Cititrans yang telah tersedia di Apple Apps Store dan Google Play, atau 24 Hours Call Center di nomor 021-79171717 dan Whatsapp Virtual Assistant Bebi di nomor 081117941234.




12 Mar 2022

Hack Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat: Jaga Pola Makan, Pola Tidur dan Skincare yang Tepat dari Scarlett Brightening


Beberapa bulan belakangan ini saya sangat sering punya jerawat, padahal dulunya tuh kayak hampir gak pernah ada jerawat. Saya menduga bahwa faktor penyebab jerawat ini adalah karena stress dengan tugas akhir alias Disertasi. Tapi kadang kala tangan saya ini pun suka iseng pegang-pegang area wajah yang sedang beruntusan, sehingga mungkin itulah penyebabnya wajah saya semakin menjadi jerawatan. Beberapa cara sudah saya lakukan termasuk menggunakan acne patch untuk jerawat. Tapi untuk menghilangkan bekas jerawat, tentu menggunakan acne patch gak bisa, karena produk tersebut fungsinya hanya agar jerawat bisa mereda. 

Singkat cerita untuk urusan wajah, saya orangnya gak terlalu picky meskipun kulit saya sensitive, yang harus dihindari adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saya kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis kondisi wajah saya jadi kusam dan teksturnya beruntusan. Oleh sebab itu, selain memilih skincare yang tepat, mengkontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh jugalah menjadi poin penting. 

Ini adalah kali ketiga saya menggunakan Brightly Ever After Serum dari Scarlett, karena merasa tidak ada masalah dengan produk, jadilah saya memutuskan untuk menggunakan lagi Brightly Ever After Serum.

Perlu diketahui bahwa kandungan Niacinamide dan Vitamin C bagi kulit yang sedang ada noda hitam akibat jerawat sangat membantu untuk memudarkan bekas-bekasnya secara perlahan. Karena Vit C sendiri dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah perubahan warna kulit. Sementara Niacinamide sendiri mampu menyamarkan noda hitam, karena Niacinamide sendiri bisa merangsang produksi kolagen yang lebih tinggi pada kulit wajah. 

Saya menggunakan Brightly Ever After Serum Scarlett setelah mencuci muka serta menggunakan Brightly Essence Toner Scarlett. Karena kulit saya tipenya juga kering, jadilah saya punya cara khusus dalam menggunakan Brightly Essence Toner Scarlett. 

How to Apply

Setelah membersihkan wajah dengan melakukan double cleansing, saya mengeringkan wajah terlebih dahulu menggunakan handuk bersih atau tisu khusus untuk wajah. Mengeringkannya jangan sampai terlalu kering dan dikeringkan agak lembab. Lalu saya menuangkan Brightly Essence Toner Scarlett ke tangan sebanyak 2 kali. Kenapa 2 kali ? ya karena dengan 2 kali tersebut saya merasa bahwa kulit saya terhidrasi dengan baik. Memang kesannya agak basah sih, tapi untungnya formula dari Brightly Essence Toner Scarlett menurut saya cepat meresap kok. Oh iya apabila tidak mau menggunakan tangan, kalian bisa menggunakan kapas saja, tuang toner ke kapas lalu ditap-tapkan ke wajah. Jangan melakukannya dengan mengeser atau terlalu ditekan ya, cukup ditap-tapkan saja. Oh ya ketika mengaplikasikan produk juga pastikan jangan terkena bagian area mulut dan mata ya. 

Setelah menggunakan Brightly Essence Toner Scarlett, saya lanjut dengan menggunakan Brightly Ever After Serum Scarlett, cukup tuangkan 2-3 tetes saja ke telapak tangan, lalu tapkan ke wajah sambil dipijat pelan-pelan agar rileks dan peredaran darah lancar. Saya cukup sering memijat wajah terutama pada pagi hari. Pemijatan kecil ini dilakukan dari leher hingga wajah, nah kadang kan tangan kita masi lembab karena sisa-sisa tetesan dari serum, sisa-sisa tersebut saya usapkan pada leher sambil dipijat ke arah atas di bagian wajah. 

Di pagi hari saya tidak terlalu banyak menggunakan tahapan skincare, cukup menggunakan facial wash, toner, 1 serum, moisturizer dan sunscreen. Kalau misalnya gak buru-buru, saya bisa menggunakan 2 serum sekaligus. Nah kadang[un saya juga skip moisturizer, jadi hanya menggunakan sunscreen saja. 

Sementara itu untuk malam hari, saya lebih rutin menggunakan 2 serum sekaligus atau bahkan lebih. Hal ini saya lakukan karena kalau di malam hari, saya cukup punya banyak waktu yang panjang, sementara kalau pagi hari sangatlah sedikit. Nah untuk di malam hari saya menggunakan tambahan serum yaitu Glowtening Serum Scarlett. Biasanya Glowtening Serum Scarlett saya gunakan setelah pengunaan Brightly Ever After Serum Scarlett. 

Kedua serum tersebut punya tekstur yang berbeda, untuk Glowtening Serum Scarlett teksturnya lebih kental dan agak milky, jadi tetesin produknya juga agak effort. Pas di apply ke kulit feelnya ringan dan bikin rileks karena aromanya herbal yang menurutku menenangkan. Jadi seringnya pas saya tuang ke tangan, sebelum di apply ke wajah, saya hirup dulu aromanya baru ditap-tapkan ke wajah. 

Tekstur Brightly Ever After Serum Scarlett yang Watery


Tekstur Glowtening Serum Scarlett, Milky tapi mudah diaplikasikan. 

Sementara toner ada butiran-butiran, tonernya tipe yang watery mudah meresap

Sementara yang Brightly Ever After Serum Scarlett teksturnya watery banget tapi dia bisa meresap dengan cepat lalu ketika produk sudah meresap ke kulit wajah, hasilnya juga gak bikin wajah cepat kering. Nah biasanya produk ini saya jadikan spot treatmen di area bekas jerawat aja. 

Alasan lain untuk nyoba ambil Glowtening Serum Scarlett dikarenakan produk ini tertulis cocok untuk wajah yang sedang rentan berjerawat, sehingga saya pikir ya dicoba dulu aja. Di produknya sendiri tertulis beberapa kandungan yang bagi saya cukup familiar seperti Calendula Oil, Olive Oil. Selain itu di beberapa kandungan tersebut menjelaskan bahwa si produk membantu memudarkan bekas jerawat. 

Produk ini juga diklaim aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, namun mereka menganjurkan untuk konsultasi ke dokter masing-masing sebelum pemakaian.

Result

Saya menggunakan Glowtening Serum Scarlett dan Brightly Ever Serum Scarlett kira-kira hampir satu bulan, syukurnya kondisi bekas jerawat mulai memudar secara perlahan. Kadangkala saya menggunakan produk hanya ditapkan ke area bekas jerawat karena ada beberapa bekas jerawat yang cukup menganggu. Dengan cara ini menurut pengalaman saya pribadi malah lebih cepat pudar ya meskipun tetap membutuhkan waktu. 

Packagingnya tidak terlalu besar dan gak mudah tumpah

Hack Tips lagi dari saya selain penggunaan serum yang tepat, jangan lupa untuk rajin mencuci muka secara double cleansing, atur pola makan yaitu kurangi beberapa makanan yang memicu timbulnya beruntusan dan jerawatan, kalau di saya sih ya kurangi manis-manis. Selain itu mengatur pola tidur dengan baik juga penting, menurut saya kalau misalnya kita tidur dengan cukup teratur dan tidak kurang, itu membantu regenarasi pada kulit serta tubuh. Dengan cara-cara tersebut menurut saya membantu proses wajah kembali fresh dan bebas jerawat. Oh ya saya juga rutin mengganti sarung bantal, minimal seminggu sekali. 

Kemasan

Dari segi kemasan kedua serum yaitu Glowtening Serum Scarlett dan Brightly Ever After Serum Scarlett memiliki kemasan yang travel friendly (15ml) sehingga menurutku memudahkan untuk dibawa kemana-mana karena gak butuh space banyak. Nah tapi saya kurang suka dengan serum bentuk pipet, semoga next ada serum Scarlett yang kemasannya pump, karena menurut saya pribadi lebih mudah menggunakan pump. Sementara untuk Brightly Essence Toner Scarlett ukurannya 100ml dengan ukuran tersebut menurut saya juga tidak terlalu besar dan bisa awet satu bulan lebih. 

Ingredients produk bisa dicek dalam gambar

Harga

Dengan harga Rp.75.000 menurut saya tidaklah terlalu mahal, apabila mau cari-cari promo di e-commerce ketiga produk tadi bisa didapat dengan harga gak sampai dua ratus ribu. Produk ini juga aman digunakan dari usia 13 tahun ke atas, sehingga menurut saya sih cocok aja buat anak-anak SMP atau SMA karena harganya affordable. 

Beberapa produknya juga bisa dibeli melalui link https://linktr.ee/scarlett_whitening

7 Mar 2022

Pengalaman Perpanjangan Paspor dengan Layanan Paspor Online

Di bulan Agustus 2019, paspor saya harus diperpanjang lagi. Sebelum melakukan perpajangan, saya membaca beberapa info tentang perpanjangan paspor. Di sana tertulis perpanjangan paspor cukup lah mudah dan simpel tidak seperti dahulu. 

Kini perpanjangan paspor hanya memerlukan data berupa fotocopy e-KTP dan membawa paspor yang lama. Tapi yang saya alami kemarin justru tidak demikian. Saya harus membawa fotocopy kartu mahasiswa (bawa asli juga), surat keterangan aktif mahasiswa, fotocopy e-KTP (bawa asli juga), cc akta lahir (bawa asli juga) dan bawa KK. Banyak ya, sama saya juga bingung kenapa jadi banyak gitu.

Pada hari Jum’at sore, saya sudah bersiap dan membuka aplikasi paspor online. Di sana, saya harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah akun di verifikasi oleh pihak Imigrasi, saya pun bisa mulai untuk mengambil antrean untuk perpanjangan paspor. Kuotanya ini dibuka setiap Hari Jum’at mulai dari jam 14:00 WIB sampai Minggu 16:00 WIB.

Ini aplikasinya ada di android dan ios kok

Pas jam 2 itu saya langsung buka aplikasi, tapi saya bingung kok ya sudah penuh ada kuotanya. Saya cek lagi di kantor Imigrasi lainnya yang masih sekitar Surabaya dan ternyata semuanya penuh. Singkat cerita kira-kira jam 4 sore, saya buka lagi untuk cek satu persatu. Akhirnya saya dapat antrean di MPP Sidoarjo. Waktu itu saya mengambil jadwal hari Selasa jam 9:30 Pagi. 

Muncul ini lalu login. kalo belum punya akun bikin dulu.

Begini kira-kira cara daftarnya, masukkan beberapa data secara lengkap jangan sampe salah.

Nanti kalau sudah, bakal dapet email dan muncul ini. Itu tandanya sukses.

Pilih antrean paspor, lalu pilih mau mengurus di kantor yang mana. Biasanya kuota baru akan dibuka dari hari Jum'at 14:00 sampe Minggu jam 16:00 Wib. Tapi sering cek aja, siapa tau ada yang tiba-tiba cancel.

Pilih jumlah pemohonnya, pastikan pemohon masuk dalam 1 KK. Pilih tanggal kedatangan dan waktunya.


Nanti akan muncul data berikut, kuota yang tersedia berwarna hijau. Pilih tanggal lalu klik " Pilih ".



Selanjutnya akan muncul data berikut. Oh ya kalo sudah ambil antrean jangan dibatalkan ya, karena kalo dibatalkan kalian gabisa ambil antrean lagi dan harus nunggu selama 30 hari. 

Tiba hari Selasa, saya berangkat jam 9 dari rumah menuju lokasi Imigrasi. Sebelumnya saya sudah menyiapkan berkas, sesuai dengan info yang disampaikan oleh pihak Imigrasi, yaitu e-KTP beserta fotokopi, paspor lama dan fotokopinya.  Ketika tiba di lokasi saya langsung menunjukkan nomor antrean saya ke petugas saya diberi  map kuning dan beberapa formulir untuk diisi. 

Singkat cerita petugas bagian loket ini bertanya tentang pekerjaan saya, saya pun langsung bilang kalo statusnya masih Mahasiswa. Lalu petugas meminta saya untuk menunjukkan kartu mahasiswa dan akhirnya kartu mahasiswa tersebut harus difotokopi dan ikut dikumpulkan dalam berkas permohonan perpanjangan. Oh ya jangan lupa untuk membawa materai yang nantinya materai tersebut ditempelkan di surat pernyataan. 

Setelah semua formulir terisi, fotokopi kartu mahasiswa dan membeli materai di kantor pos. Saya berjalan menuju imigrasi. Sampai di Imigrasi, berkas saya letakkan di loket dicek  oleh petugas dan selanjutnya berkas tersebut diberikan kepada saya lagi. Saya diarahkan untuk menunggu duduk dan dipanggil untuk wawancara dan foto. Enaknya mengurus paspor di MPP Sidoarjo ini tidak ramai seperti di Kantor Imigrasi I di Juanda. Jadi semuanya serba cepat dan tidak perlu menunggu terlalu lama. 


Waktu itu hanya menunggu 1 orang untuk dipanggil, setelah itu giliran saya. Tiba giliran saya, saya pun maju ke depan. Hanya ada 3-4 petugas, 2 wanita dan 2 laki-laki. Saya langsung menyerahkan berkas saya. Petugas mengecek kelengkapan berkas saya. Waktu itu kira-kira percakapannya begini 

Petugas : Mbaknya mau ke mana ini ? 
Saya  : Saya mau pergi ke xxx, November besok.
Petugas : Dalam rangka apa ?
Saya : Merayakan kelulusan kuliah
Petugas : Oh lah ini mana surat aktifnya ya, KKnya mana juga, akta lahir mana?
Saya : loh bukannya diinfokan oleh Imigrasi kalo misal perpajang hanya membawa itu saja ya ? Saya baca di twitter imigrasi begitu, pun 2 teman saya kemarin juga begitu, kenapa jadi sama seperti waktu awal saya membuat ya.
Petugas : Ya itu kan temanmu, kamu beda Mbak. Mbaknya ini S2 ya, kerja apa ?
Saya : Saya belum bekerja semua masih tanggungan orangtua. 
Petugas : Ah masa S2 dibayarin
Saya : ya memang begitu

Entah mengapa percakapan tersebut membuat saya agak gemas sama petugas. Sebetulnya pertanyaannya masih banyak. Mulai dari pekerjaan orangtua secara detail, kuliah di mana dll. Lalu 3 petugas lainnya pun datang menghampiri saya, mereka mengecek data dan memberikan banyak PR untuk memenuhi persyaratan administrasi. 

Beberapa yang harus saya penuhi diantaranya yaitu surat pernyataan kesanggupan orangtua, detail pekerjaan orangtua, paspor kedua orangtua, KK, e-KTP orangtua, surat aktif mahasiswa dan 2 lagi lainnya yang saya agak lupa. Saya terus meminta opsi agar diberikan keringanan, karena ini memang sifatnya hanya perpanjangan. Singkatnya saya diberi waktu 7 hari kerja untuk mengumpulkan data tersebut. Karena kuliah saya di Jogja, akhirnya saya meminta tolong teman saya agar menguruskan surat aktif mahasiswa saya. 

Kantor-kantor Imigrasi sekarang sudah dilengkapi nomor WhatsApp jadi tinggal hubungi saja dan mereka cepat membalas dong. Beberapa berkas agak kesulitan untuk saya kumpulkan, akhirnya saya memilih opsi surat aktif saja. Pihak Imigrasi membolehkan. 

Minggu depan tepat di hari Senin, saya menuju imigrasi dan menyerahkan berkas yang kurang.  Waktu itu petugas laki-laki yang mengecek, akhirnya saya pun dipersilahkan duduk dan masih ditanya lagi untuk apa, ke mana, pekerjaan orangtua, dan pekerjaan saya apa. Tidak terlalu lama, saya disuruh untuk melepas kacamata dan foto, selanjutnya scan sidik jari. Setelah selesai proses semuanya, saya diberi kertas bukti pembayaran. Pembayaran ini bisa dilakukan di beberapa bank dan kantor pos. Saya memilih membayar di kantor pos. 

Tanyakan dulu sebelum mengambil paspor. Karena saya tidak dihubungi oleh pihak Imigrasi.

Saya diberi tahu oleh petugas bahwa paspor bisa diambil setelah 7 hari kerja. Sebaiknya hubungi via WhatsApp dahulu untuk memastikan apakah sudah tersedia apa belum. Petugas juga memberi tahu bahwa pengambilan paspor tidak perlu surat kuasa. Apabila paspor tidak bisa diambil oleh si pemilik, maka yang mengambil paspor haruslah anggota keluarga yang namanya tercatat di dalam KK. 

Selanjutnya saya berjalan menuju ruangan administrasi MPP yang isinya ada beberapa bank, kantor pos dan ruangan admin lainnya. Saya mengambil nomor antrean dan menunggu tepat di depan kantor pos. Nomor saya pun dipanggil akhirnya saya berjalan menuju kantor pos. Saya membayar 350.000 dan admin 2000 untuk paspor 48 halaman. 

Bukti yang harus dibawa saat mengambil paspor.

Sekian cerita pengalamanku perpanjangan paspor. Ternyata gak semua daerah punya sistem perpanjangan yang sama ya. 


Tips membuat paspor untuk Mahasiswa

Siapkan beberapa berkas sebagai berikut
  1. Akta Lahir asli maupun fotokopi
  2. KK asli maupun fotokopi
  3. e-KTP asli dan fotokopi ukuran A4 diperbesar
  4. Surat keterangan aktif mahasiswa 
  5. KTM asli dan fotokopi ukuran A4 diperbesar
  6. Bawa surat keterangan dari pihak kampus misal untuk keperluan studi di luar negeri, konfrensi dll. 
  7. Surat kesanggupan orangtua. (ini buat jaga-jaga kalau ditanya) 

Pada saat wawancara utarakan secara jelas tujuanmu. Misal saya kemarin bilang untuk liburan dan selanjutnya untuk keperluan study selanjutnya seperti Prosiding, kunjungan ke kampus-kampus,  Paper Conference. 


4 Mar 2022

Mandi Jadi Me Time yang Menyenangkan & Menyegarkan dengan Scarlett Body Care



Karena pandemi belum berakhir dan intensitas berpergian masih dikurangi, jadilah saya sering mencari kegiatan yang bikin badan dan pikiran ini fresh kembali. Dulu saya sering sekali datang ke tempat spa atau salon untuk scrub badan atau sekedar mani pedi. Nah karena sekarang kondisinya seperti ini, jadilah pergi ke salon atau ke spa dilakukan tidak sesering itu. 

Biasanya kalo turun dari naik gunung, saya cukup serius membersihkan bada saya, mulai dari luluran, scrub, pakai sabun mandi agak lama, keramas dengan produk yang berstep-step dll. Intinya setelah membersihkan diri, badan dan kepala. Tubuh saya itu rasanya jadi ringan kayak tanpa beban gitu. 

Dulu waktu masih sekolah, saya sering menghabiskan salah satu hari saya untuk mandi yang lama banget. Seneng aja gitu berdiam di kamar mandi lama dan berendam. Seiring berkalannya waktu dan banyak opsi untuk melakukan kegiatan outdoor, saya lebih memilih untuk berkegiatan outdoor saja. Nah tapi, lagi-lagi karena pandemi ini, jadilah intensitas pergi tersebut menurun dan beralih dengan kegiatan indoor yang gak jauh-jauh dari menatap layar. 

Saya termasuk orang yang suka punya banyak varian sabun mandi, biasanya wangi dan memberi efek segar menjadi opsi utama ketika membeli sabun mandi. Selain itu, saya juga suka dengan sabun mandi yang memberikan efek cooling, dingin dan jadinya semakin segar ketika dipake mandi. 

Di tahun ini, saya sudah punya beberapa body care termasuk body care dari Scarlett. Ketertarkan ini awal mulanya dari adik saya yang membeli produk Scarlett yang varian Freshy. Nah di saat itu, saya pun mencoba untuk pakai dan langsung tertarik karena aroma wanginya yang enak, harganya pun juga gak mahal. Selain itu pas saya cek kembali, ternyata produk Scarlett telah berBPOM. Saya mengambil 3 item yaitu body scrub coffee Scarlett (untuk lulur), shower scrub Jolly Scarlett (sabun mandi) dan body lotion Jolly (pelembab badan). Tiga produk ini juga menurut saya, harganya gak yang mahal banget sekitar Rp. 190.000 (Seratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah), ini juga harga diskonan. Sementara kalau misalnya gak ada promo, per-produk hargnya Rp. 75.000 (Tujuh puluh lima ribu rupiah). Saya juga sempat cek ada paket hemat dengan 5 item produk gitu ya harganya sekitar Rp. 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah).

Dari kiri : Body Scrub Coffee, Body Shower (sabun mandi), Body Lotion (pelembab tubuh)




Body Scrub Coffee | Sensasi Luluran dengan Kopi Bikin Rileks

Saya senang sekali dengan aroma-aroma yang ada kopinya, cium aroma kopi bagi saya bikin pikiran jadi rileks. Di pagi hari pun saya cukup sering menyeduh kopi dengan mencium aromanya sebelum melakukan aktivitas di depan layar. Begitu juga ketika nyobain body scrub coffee Scarlett ini, yang saya lakukan di awal adalah mencium aroma dari scrubnya. Wah aromanya beneran wangi kopi dan enak sekali. Lihat teksturnya aja jadi pengen dimakan karena kayak gelato. 

Tekstur dari Body Scrub Cofee ini ada butiran-butirannya berwarna cokelat ya seperti dari kopi gitu. Nah saat digosok ke badan, gak bikin sakit  karena butiran-butiran tersebut. Karena kulit saya juga tipenya sensitive, untungnya setelah menggunakan Scarlett Body Scrub Coffee tidak terjadi iritasi atau kemerahan dari kulit saya. Selain itu, tekstur Scrub Scarlett ini lebih ke padat jadi bukan yang lembek gitu, sehingga menurut saya ya nyaman juga ketika diaplikasikan ke kulit. Lalu setelah dibilas dengan air, hasilnya di kulit gak terlalu yang licin banget. Karena sejujurnya saya kurang suka dengan produk yang hasilnya licin, kayak masih ada sisa produk di kulit gitu, padahal sudah dibilas. 

Sebelum dipakai, ada packing plastik hologram jadi gak bikin takut produk tumpah saat ekspedisi



Shower Scrub Jolly | Mandi Segar dengan Buliran Scrub Ringan dan Wangi

Shower Scrub (sabun mandi) dari Scarlett ini, saya pilih yang varian Jolly. Wangi Jolly ini menurut saya ada sensasi feminine tapi ada sisi menlynya, tapi ya gak menly banget, jadi sabun ini dipake laki-lakipun ya cocok-cocok aja. Aromanya pun juga mewah tapi segar, kan ada ya tipe aroma mewah tapi terlalu bikin pusing gitu, nah kalo ini menurut saya ada aroma yang terasa segar gitu. 

Kalau dituang ke tangan dan digosok langsung, Scarlett Jolly ini teksturnya ringan dan licin, lalu ada butiran halusnya kecil-kecil warnanya biru dan ungu. Nah meskipun Scarlett ini teksturnya agak licin, namun setelah dibilas dari badan, badan ini jadinya gak licin gitu tapi lembut. Jadi bukan tipe sabun yang kalo diaplikasikan meskipun sudah dibilas, dia kayak ada sisa-sisa sabunnya gitu. Nah bukan, Scarlett ini bukan tipe yang kayak gitu. Buliran-buliran dari Body Shower Scarlett ini kalo aku cek fungsinya untuk membantu memaksimalkan si sabun dalam membersihkan badan, sehingga badan jadi bisa lebih bersih. 


Ketika saya ingin madni dengan sensasi busa yang banyak, saya bisa menggunakan spons mandi. Cukup gunakan sedikit saja dan dituang ke spons atau ke puff. Lalu digosok ke badan secara perlahan-lahan dan busanya akan keluar banyak. Sabun ini juga bisa awet sih kalo dipake dengan puff, ya sekitar 2 bulan. 

Body Lotion Jolly Scarlett | Tuang Sedikit Saja Tapi Melelmbabkan Badan

Biasanya saya kalau pakai body lotion itu gabisa kalo gak banyak, kayak ngerasa kurang wangi aja gitu di badan. Nah wakt pakai Scarlett ini, saya cukup tekan sekali aja, kayak gak perlu banyak-banyak gitu. Jadi sebotol gitu bisa awet sampai 4 bulan, tentu ini hemat sekali buat saya. 

Wanginya sendiri untuk varian Jolly ini ya sama seperti aroma dari body showernya. Kalo misal pakai dengan produk yang sama, jadinya aromanya bisa lebih kuat gitu dan gak tabrakan. Tekstur body lotion Jolly Scarlett ini mudah meresap kalo diaplikasikan ke badan, terus juga gak bikin lengket gitu. Nah aromanya sendiri ini sepengalaman aku bisa tahan 2-3 jam di ruangan ber-ac, kalau di outdoor ya 1 jam. 

Selain wangi untuk kelembapan dari si Body Lotion Jolly Scarlett ini bisa tahan lembab kira-kira 3-4 jam di ruangan ber-Ac, jadi ya kalo udah ngerasa kering, saya selalu aplikasikan lagi di tangan dan kaki. 




Tips dari saya agar wangi bisa tahan lama. 
Gunakan sabun dan lotion dengan wangi atau varian yang sama, seperti gunakan Scarlett Jolly Body Shower dan Scarlett Jolly Body Lotion. Jadi nanti hasil wangi di badan bisa tahan lebih lama. Terus setelah mandi, badan langsung dilap menggunakan handuk sampai agak lembab (jangan yang sampai terlalu kering) lalu aplikasikan langsung body lotion agar wanginya bisa tahan lebih lama. 

Body Scrub Scarlett, Body Shower Scarlett dan Body Lotion Scarlett ini, kalo saya lihat dari Ingredients mengandung Niaciamide, Kojic Acid, Glutathione dan Vit E. Beberapa kandungan di atas,  sudah sering saya dengar manfaat-manfaatnya seperti untuk mencerahkan, melembabkan serta memberikan nutrisi bagi kulit. 

Buat saya pribadi, mandi bisa jadi salah satu me time yang menyenangkan dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana aja, sekaligus bisa jadi salah satu bentuk rileksasi badan setelah lama beraktivitas. 

Nah kesemua produk di atas tadi bisa dibeli  http://linktr.ee/scarlett_whitening.