Mencoba Ekonomi Premium Wijayakusuma (Rute Cilacap – Banyuwangi)





Semenjak tahu enaknya naik kereta ekonomi premium, makin ke sini saya jadi ketagihan ketimbang naik yang ekonomi. Selain waktu tempuhnya yang agak cepat disbanding ekonomi, suasana di dalam keretanya pun tidak terlalu ramai. Mirip-mirip lah dengan fasilitas KAI yang kelas Bisnis. 


Saya cukup jarang sekali naik kereta bisnis, karena harganya yang agak mahal dan kadang selisih sedikit dengan harga tiket pesawat. Beberapa kali ke Jakarta pun kalau dari Surabaya, saya lebih memilih untuk naik pesawat karena lebih menghemat waktu dan harganya selisih sedikit. 

Tapi, karena sekarang sudah muncul ekonomi premium, ya saya makin ketagihan dong. Ekonomi premium kali ini yang saya coba yakni tujuan terakhir Banyuwangi. Wijayakusuma ini diberangkatkan dari Cilacap lewat jalur selatan. Nah, jadilah kereta ini lewat Yogyakarta dong.

Saya pun mencoba naik dari Yogyakarta sekitar pukul 18:16 Wib dari Stasiun Yogyakarta dan turun di Stasiun Sidoarjo. Saya kira sih interior kereta ini akan mirip dengan kereta Sancaka yang biasanya saya tumpangi. Tapi saat saya masuk ke dalam kereta ternyata berbeda. 

Saat itu saya duduk di kursi 3D dengan posisi jalan maju ke arah selatan. Ruang kaki di bawahnya saya rasa lebih luas. Toiletnya pun ruangnya lebih luas dibanding kereta ekonomi Sancaka. 

Soal harga, ekonomi premium antara Sancaka dan Wijayakusuma tidak terlalu berbeda. Dibandrol dari harga Rp. 160.000-an. (Rute Yogyakarta – Sidoarjo)

baca juga : http://www.mesraberkelana.com/2019/01/pengalaman-naik-kereta-joglosemarkerto.html

Makin ke sini naik kereta jadi semakin menyenangkan. Saya jadi teringat masa-masa dahulu saat awal kali naik kereta, toilet kotor, banyak pengamen, pengemis dan tukang sapu illegal.  Tapi sejujurnya, kadang saya kangen sih dengan hal itu haha meski ada hal memalukan misal pernah berantem sama pengamen di kereta dan untung saya tidak jadi ditonjok karena dihadang teman-teman saya haha

 

Fasilitas lain di Ekonomi Premium Wijayakusuma kurang lebih sama dengan Sancaka. Enaknya sih kalo di gerbong ekonomi ini, setiap gerbongnya ada tempat untuk meletakkan koper yang besar-besar, atau tempat untuk menggantungkan kursi roda, tempat sepeda lipat begitu.Sedangkan posisi tempatnya tersebut terletak di dekat kursi paling belakang. 

Apabila ingin ke Banyuwangi menggunakan kereta Wijayakusuma ini, saya sangat menyarankan sih. Meski nantinya sangat bosan karena akan tiba keesokan harinya. Tapi jangan salah, kereta ini kalo malam hari makin nyaman sekali karena lampu-lampu gerbongnya mulai dimatikan semuanya. Ah seperti naik kelas eksekutif saja, lalu tinggal pakai selimut hihi

Semoga kedepannya kereta api makin oke dan memuaskan. 


3 comments:

  1. Waa belum pernah nyobain yang ekonomi premium nih. Seringnya Sancaka (andalan). Ni kursinya nggak hadap-hadapan Lid? kulihat fotonya kok enak dan nyamann.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sancaka itu juga ekonomi premium lho mbaa, yang berhadapan cuma yang di tengah sih mba. Enak mba nyaman sih aku suka hahah

      Delete
  2. ya ampuun kereta itu udh berubah banget skr yaaa. kalo di LN aku srg naik kereta apinya, tp jujur aja di negara sendiri malah baru sekali, itupun udh beberapa thn yg lalu. 2010 kalo ga salah. sekali doang, naik argo ke solo. pgn sih mas cobain kereta yg skr, tp kyknya ga pgn kalo pas traveling bareng anak. takut merekanya rewel kalo kelamaan :D. kayak pesawat aja nih berarti, ada ekonomi premium nya :D, seperti SQ

    ReplyDelete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~