Mengenal Tari Beskalan

Indonesia selalu dikenal memiliki banyak ragam budaya, apalagi seni tari-menarinya. Malam itu saya diberi kesempatan untuk melihat langsung pementasan tari di Desa Sanankerto. Musik sudah mulai dinyalakan, itu tandanya penari mulai memasuki panggung dan segera menggerakkan anggota tubuhnya. 

Tarian yang saya lihat ini adalah Tari Beskalan, cukup terdengar asing bagi saya. Namun saat saya melihat gerakan tariannya, menurut saya tarian ini mirip-mirip dengan Tari Remo. Sang penari begitu luwes ( tidak kaku) dalam membawakan gerakan tariannya dan sangat anggun. 

Mulai menggerakan tangan - foto oleh jejakbocahilang.wordpress.com

Tari Beskalan adalah tarian tradisional yang berasal dari Malang. Tarian ini biasanya dipentaskan pada saat pembukaan acara-acara atau penyambutan tamu-tamu. Sehingga hal inilah yang menjadikan Tarian Beskalan menjadi banyak dikenal.

 
Penari dengan lincah membawakan tariannya 

Konon kostum yang dipakai oleh si penari ini memiliki beberapa filosofi, sehingga tidak hanya sekedar kostum saja namun banyak makna di dalamnya. 

Filosofinya :

1.    Sunggar atau bandana yang dikenakan oleh penari dilambangkan sebagai simbol kerajaan majapahit yang nyata dalam kehidupan 
2.    Bunga melambangkan kecantikan
3.    Bunga melati melambangkan harum yang wangi
4.    Adanya gunungan (sanggul)  ini melambangkan bahwa di Jawa Timur ini cukup terkenal dengan kerajaan majapahit.
5.    Illat-illatan ( semacam rompi depan yang digunakan setalah memakai kemben)  dan pedang menjadi simbol dalam tari beskalan
6.    Pemakaian celana dalam tarian beskalan ini melihat pada perkembangan zaman, dan untuk memudahkan penari dalam melakukan gerakan-gerakannya.



Dalam pertunjukannya, Tari Beskalan ini dimainkan 2 hingga 4 orang wanita. Pada saat acar tertentu hanya dimainkan oleh 2 orang saja, seperti saat saya menonton kali ini.
Dalam perkembangannya, kini Tari Beskalan cukup sering untuk dimainkan, misal pada acara-acara atau event tertentu, tidak seperti dahulu ketika tarian ini hanya dimainkan pada saat ada ritual-ritual khusus misal akan mendirikan bangunan, atau ritual penanaman tumbal yang sering disebut dengan sesajen. Tarian Beskalan ini dianggap sebagai wujud dari rasa syukur dan hormat kepada leluhur dan juga sebagai tolak bala’, diberikan rejeki yang melimpah serta tanah yang subur.

 
Tampak Kostum Tari Beskalan

Di Desa Sanankerto setiap hari libur atau minggu ada beberapa anak berlatih Tari Beskalan. 
Jadi, apabila ingin mencoba berlatih tari beskalan, coba saja mampir sebentar ke Desa Sanankerto.

Nb: Filosofi ini di dapat dari hasil tanya-jawab bersama kedua penari.


Info selengkapnya : 

 Alamat Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kab. Malang, Jawa Timur

Telp: 0838-4882-4802 (Mas Rudi)/ 08533-167-4242 (Mas Wahyudi)

4 comments:

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~