Semenjak menjamurnya kedai kopi maupun dapur-dapur dengan aksesoris yang lucu. Kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat ini makin digemari oleh banyak orang. Dulu gelas maupun teko dari tanah liat dibuat seadanya dan tidak ada desain maupun warna yang lucu-lucu. Nah sekarang banyak sekali mug, piring maupun teko yang lucu-lucu dan terbuat dari tanah liat.




Di siang terik saya menuju ke daerah Bausasran yang letaknya di Kota Yogyakarta. Memang lokasinya ini agak masuk ke dalam, akan tetapi mudah dicari tinggal ikuti saja di google maps. Oh ya jangan kaget kalo bentuknya seperti rumah gitu, jadi begitu lihat petunjuk Kaloka Pottery langsung masuk saja. Tempatnya tidak terlalu luas, saat masuk ke ruang pertama langsung terlihat rak-rak yang berisi aneka mug cantik, piring dan beberapa kerajinan lainnya.

Mug-mug ini ditata sesuai dengan temanya, mulai dari polkadot, garis bergaris dan banyak lagi. Warnanya pun beragam, ada yang berwarna polosan , perpaduan atau banyak campurannya. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp.50.000 tergantung bagaimana model dan jenisnya.

Kaloka Pottery juga punya kelas kerajinan, bagi siapa saja yang kiranya ingin membuat mug dari tanah liat ini. Kata Mbaknya, setiap bulan terkadang ada jadwal tertentu untuk membuat kerajinan ini, jadi pastikan langsung saja lewat Instagramnya @Kalokapottery

Begitu masuk dan melihat aneka gelas ini saya jadi gemas sendiri, pengen cepet-cepet punya dapur pribadi rasanya haha. Suasananya juga asri dan gak panas, pokok kalau ke sini dijamin bakalan bingung mau beli yang mana.

Oh ya waktu saya ke sana kemarin ada salah satu rak yang memang mug-mugnya sedang didiskon. Saya juga menemukan mug harga Rp.35.000-an. Ohya Kaloka ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampe 5 sore.

Saya kira orang yang datang ke sini awalnya hanya bisa membeli mug-mug yang ada di rak itu. Eh tapi ternyata bisa juga custom. Saya sempat melihat beberapa mug yang di bagian depan atau bawahnya ada nama kedai kopinya. Mungkin tempat ini cocoklah untuk didatengin dan beli mug lucu untuk oleh-oleh.

Kapan-kapan saya sempatkan deh mencoba membuat mug sendiri di Kaloka. Karena waktu kemarin kesana sedang tidak ada jadwalnya. 

Review :

Sampai di kos keesokan harinya saya mencoba minum coffe latte gitu. Awalnya kaget, kok tiba-tiba lantai saya basah, apa ya merembes bocor gitu. Ternyata saat saya cek ternyata tidak. Aman lah kalo begitu, karena sempet tidak punya alas cangkir, akhirnya saya pakein alas tisu di bawahnya.








Alamat : Bausasran Danurejan DN3 No.695. Kota Yogyakarta.