Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan tripod. Mungkin sebagian orang sering meremehkan akan penggunaan tripod untuk kameranya, tapi ingat dibalik pengunaan tripod yang benar maka kameramu juga bakalan selamat dan tidak jatuh tersungkur *hiks curhat*. Daripada basa-basi yuk
Tips Menggunakan Tripod pada Kameramu dengan baik
1.    PASTIKAN TEMPAT UNTUK MELETAKKAN TRIPODMU
Mungkin sebagian orang suka meremehkan ini, ya termasuk saya kurang berhati-hati dan ceroboh. Jangan sembarangan kalo mau nempatin posisi tripodmu. Pilih posisi yang sesuai dan tidak menyebabkan tripodmu goyang dan berakibat kameramu akan jatuh tersungkur. Lihat kondisi dimana kamu akan menggambil gambar, apalagi pada saat foto pake timer. Letakkan tripodmu dengan benar jangan sampai goyang.

pastikan meletakkan dengan benar dan pas
2.    PASTIKAN KONDISI CUACA

Jujur balik lagi saya teledor, ini pengalaman. Kondisi percuacaan emang suka begitu ya, kadang mendung eh tiba-tiba hujan, atau yang awalnya panas eh di susul dengan berangin sepoy badai. Awal meletakkan tripod pastikan lihat cuaca dan kondisi ditempat tersebut, apakah berangin atau tidak ? atau malah tiba-tiba angin. Biasanya berfoto-foto di ketinggian anginnya semakin kencang dan tripodmu akan terjatuh tertiup angin. Balik lagi deh kameramu jadi korban. Pertimbangan cuaca ini juga perlu geng agar tripodmu dan kameramu tidak tertiup angin dan berujung jatuh tersungkur, jangan pasang terlalu tinggi-tinggi apabila kondisi tidak memungkinkan.

Pertimbangkan percuacaan disekitar ketika kamu akan mengambil gambar, misal di dataran tinggi yang cenderung berangin.
3.   PILIHLAH TRIPOD DENGAN BEBAN SESUAI DENGAN KAMERAMU

Mau tidak mau saya akui tripod yang berat bakalan mampu menopang kameramu dengan baik (ini menurut saya ya ), dan tentunya tripodmu tidak mudah tertiup angin-angin yang syahdu itu.  Tidak dapat dipungkuri memang tripod yang berat itu mahal, tapi ada yang harga 500rban. Memang sih dibagian bawah tripod itu ada pengait yang bisa digunakan untuk mengantungkan beban, cuma menurut saya tetep saja mengkhawatirkan bagi keselamatan kamera. Saya bukan tidak menyarankan menggunakan tripod yang ringan, tapi memang tripod yang ringan itu cenderung ringkih dan mudah goyang apalagi ketika dicoba untuk ditinggikan. Kaki yang tipis membuat was-was ketika menompang kameramu, baik kamera ringan atau yang berat. 
4.    KAITKAN YANG KUAT ANTARA KAMERA DENGAN TRIPODMU

Kadangkala orang mengkaitkan tripod dengan kameranya kurang erat, sungguh kawan ini bahaya sekali yang ada kamu setor nyawa kameramu. Rekatkan saja yang kuat dan pastikan lagi bahwa kameramu sudah terpasang di tripod dengan baik dan tidak akan jatuh lagi. Apabila menggunakan tripod dengan putaran 360, maka coba putar-putarkan dan memastikan apakah pemasangan tripod dan kameramu sudah benar dan pas.

pastikan posisi kamera sudah terpasang dengan baik pada tripodmu
5.    GUNAKAN TRIPOD YANG SESUAI DENGAN KAMERAMU DAN KEGIATANMU

Tidak dapat dipungkuri kadangkala memang semua tripod bisa digunakan untuk semua kamera. Tapi hal ini tidak bisa dijadikan patokan, karena banyak tripod-tripod yang ringan yang kadang kala digunakan untuk kamera-kamera yang berbody besar dan berat (apa cuma aku yang kayak gini ) , jujur ini tidak disarankan yang ada mala berat sebelah. Sebaiknya sebelum membeli tripod pastikan dulu tripod yang kamu gunakan ini akan banyak terpakai di situasi dan aktifitas seperti apa ? apabila kegunaannya untuk aktifitas berat nan ekstrim, misal foto penjelajahan, foto-foto ditebing dan kegiatan ekstrim lainnya, saya sarankan menggunakan tripod yang daya tahannya kuat disegala medan dan kuat juga menopang kameramu. Apabila tripodmu hanya sekedar digunakan untuk foto-foto biasa dan situasi normal, tidak masalah apabila hanya menggunakan tripod biasa dan sanggup menopang kameramu. Memang kadangkala pemilihan tripod bagi kameramu ini terlihat sepele, namun jangan disepelehkan apabila nantinya akan terjadi kejadian yang fatal misal kameramu terjatuh dr tripod, atau tripodmu mudah patah, dan murnya hilang lepas-lepas. 
Ini dulu fotonya pakai tripod weifeng wt-3520
 
Foto menggunakan tripod Excell UFO 260
Cukup sekian tips menggunakan tripod pada kamera dengan baik semoga bermanfaat,  apabila ada yang punya tips lain atau pengalaman menggunakan tripod komentar dibawah.