Kira-kira pukul 1 Siang, saya dan Tim #EksplorDeswitaMalang sudah tiba di Desa Wisata Pujon Kidul. Kami langsung mendarat di Cafe Sawah milik Desa Wisata Pujon Kidul. 


Tempat makan ala lesehan

Setelah tiba, saya dan Tim #EksplorDeswitaMalang disuguhi beraneka macam makanan khas ndeso.  Kami makan di gubug kayu yang sangat sederhana, dan tentunya dengan semilir angin yang bikin ngantuk.

Mari makan, foto : ghozaliq.com

Setelah mencicipi beraneka macam masakan, saatnya saya dan Tim #EksplorDeswitaMalang mencoba naik kuda sambil menikmati pemandangan yang Ijo royo-royo.

Awal kali masuk menuju cafe sawah

Kudanya malu-malu
Wisata Naik kuda ini baru dibuka, dan beberapa dari kami dipersilahkan mencoba naik kuda sambil melihat pemandangan sawah yang begitu semeriwing. Dengar-dengar sih untuk naik kuda ini, akan dikenai tarif Rp.25.000 untuk 2x putaran. 

Murah bukan ? 


Mbak aya naik kuda sambil dipandu

Setelah selesai naik kuda, saya berjalan menuju tempat utama yaitu cafe sawah.

Saya sempat penasaran, apasih cafe sawah itu ? 
Apa iya cafe yang didirikan di tengah sawah akan memberikan kesan nyaman? 

Masi di cafe sawah

Cafe sawah ini memang sengaja dibentuk di tengah persawahan yang luas. Alam yang membentang dan spot-spot foto unik menjadi daya tarik para wisatawan, sekaligus ibuk-ibuk yang doyan selfie, marik kesini deh.

Di cafe sawah ini juga ada gazebo-gazebonya, sehingga kalian bisa bersantai-santai di gazebo sambil melihat pemandangan alam di sekitarnya. Kalau datang kesini pas long weekend, pastikan kalian sudah pesan gazebonya, karena sungguh tempat ini ramai sekali. 


Duduk sambil makan dan menikmati pemandangan cafe sawah Pujon Kidul

Mengenai tarif, untuk dapat masuk ke cafe sawah ini hanya dikenai biaya Rp.5000. Nah, bagi yang sudah bayar, jangan khawatir karena uang tersebut ternyata berupa voucher, nantinya voucher tersebut dapat ditukarkan makanan atau minuman. 

Nah, apabila harga makanannya ternyata Rp.6000 maka kalian harus tambah uang Rp.1000, karena nilai voucher hanya Rp.5000

Mengenai fasilitas, cafe sawah ini memiliki fasilitas lengkap, misal adanya toilet, musolla, dan jangan takut kelaparan ya, karena cafe ini menyediakan makanan berat juga ( Misal nasi goreng, bakso dan lainnya), untuk yang ingin cemil-cemil juga bisa, mau minum saja sambil bersantai juga boleh.

Sore sudah datang, ternyata tempat ini cocok untuk segala waktu ya.  Saat sore datang, saya betul-betul bisa menikmati pemandangan sorenya Pujon Kidul, sunset yang cantik dan angin-angin sawah yang sejuk.

Suasana sore cafe sawah

Malampun datang, akhirnya saya dan Tim #EksplorDeswitaMalang melanjutkan agenda makan malam di cafe sawah dan tentunya sambil ditemani musik gamelan.


Malam ditemani gamelan Desa Wisata Pujon Kidul


Yang bikin saya betah adalah, saya makan di tengah sawah ditemani musik-musik gamelan. Wah, sungguh ini malam yang romantis dan asik. Mencoba menikmati hawa sawah dimalam hari sambil makan dan mendengarkan alunan musik gamelan, bisa menjadi ide menarik untuk dicoba.


Kopi ampas khas Desa Wisata Pujon Kidul
Dan yang terakhir jangan lupa, yang bikin saya makin nyaman dan menikmati adalah sajian kopi khasnya Desa Wisata Pujon Kidul yaitu Kopi Ampas Pujon Kidul.

Jadi, kapan rencana mampir kemari ? 




Haeeekk, foto : ghozaliq.com

Note : Catatan perjalanan ini merupakan hasil dokumentasi dari rangkaian acara Travel Blogger Eksplor Desa Wisata Malang



Desa Wisata Pujon Kidul

Alamat : Desa Pujon Kidul, Pujon, Pandesari, Malang, Jawa Timur

Contac Person : 081232581056 ( Pak Udi)