Melepas Lapar di Gang-gang Kecil Gresik dengan Nasi Menir

Hai, setelah sekian lama gak review masalah kuliner, kali ini saya (Jun) sudah menyediakan menu sarapan dan makan siang khas dari Kabupaten Gresik.
Kalau mendengar Kabupaten Gresik, pasti kuliner yang terlintas adalah Daging Krawu, Pudak, Lontong Roomo, atau mungkin Otak-otak Bandengnya. 

Setelah keliling bersepeda saatnya makan nasi menir
Nah, disini, saya mau memperkenalkan satu lagi kuliner khas Gresik yang jarang orang tau. Nama kuliner tersebut adalah Nasi Menir, bagaimana? Familiar? Tentu tidak.
Sebenarnya Nasi Menir ini juga ada di Lamongan, tapi menunya beda.
Nah, Nasi Menir Gresik ini di jual di pinggir jalan yang agak masuk ke Gang perumahan lama di daerah alun-alun, tepatnya di Gang SMANU 1 Gresik.
 
Ibu penjual sedang melayani pembeli
Jadi, bedanya Nasi Menir ini dengan nasi-nasi yang lain adalah nasinya disiram kuah yang dicampur dengan sayuran yang dicacah sedemikian rupa.
Setelah itu, nasi yang telah digenangi dengan kuah bening ini pun ditambah dengan lauk pauk yang banyak pilihannya, dan kita bebas pengen lauk apa aja.
Lauk pauknya terdiri dari Daging Krawu beserta bumbunya, Tahu dan Telor bumbu bali, brengkesan ikan, berbagai jenis lauk goreng, dan yang paling unik dari Nasi Menir ini adalah lauk Belut dan Mujair bumbu bali. Nah, kalau saya lauknya pilih tiga macam, yaitu Telor bumbu bali, Belut bumbu bali, dan Daging Krawu.

Macam-macam lauk untuk Nasi Menir
 
Setelah lauk pauk ditumpuk di atas nasi, kemudian (ini yang paling spesial) ditambahkan sambal mangga muda yang kecut-kecut pedas (jujur saya ambil sambal ini 2 penuh)
Rasanya jangan ditanya

Perpaduan antara asam manisnya kuah bening, dicampur dengan manis dan empuknya daging krawu, ditambah dengan rasa khas dari bumbu bali, lembutnya daging belut, dan pedasnya sambal mangga, dijamin akan membuat kalian merasa punya perut dua.

Nasi siap di santap
Untuk harganya, sangat bersahabaattttt sekali, untuk satu porsi dengan tiga jenis lauk tadi hanya seharga 18ribu rupiah, dan jika hanya satu jenis lauk saja hanya seharga 13ribu rupiah, itupun nasinya bukan porsi wanita diet, tapi porsi abang becak, jadi siapin perut karet ya kalo mau makan disana.

 NOTE
  • Harga :  Nasi Menir ini untuk 3 jenis lauk hanya Rp.18.000 (delapan belas ribu rupiah), sedangkan untuk 1 jenis lauk saja harganya Rp.13.000 ( tiga belas ribu rupiah). 
  • Lokasi  : Pinggir jalan yang agak masuk ke Gang perumahan lama di daerah alun-alun, tepatnya di Gang SMANU 1 Gresik. 

Sekian review kuliner kali ini, sampai jumpa di review selanjutnya 

28 comments:

  1. wah murah meriah tur pincukan gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo ke gresik kulinernya murah meriah wkwkwkwk #promosi

      Delete
  2. Duh Ikan Mujair nya bikin ngiler. Itu Brengkesan isi nya apa ya. Harga segitu pasti sudah kenyang banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brengkesan itu biasanya daging ikan yang dicampur dengan sayuran dan rempah2 yg dihaluskan mas :D

      Kenyang bangeeettt, mau nambah tapi perut gak kuat

      Delete
  3. Hasyem saat baca mangga muda kenapa mulut ini gimana gitu rasanya hahahahha. Yaowoh :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mas, kecut2 pedas, aku aja sampe nambah dua sendok hahahaha

      Delete
  4. Saya juga suka kulineran lokal yang masuk-masuk gang begini, biasanya citarasanya otentik, dan yang penting murah, hahaha! Nasi Menir layak masuk bucket list nih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kadang yang nyempil-nyempil gini rasanya gak kalah enak :D

      Delete
  5. informasi baru nih,
    bener banget, taunya cuma nasi krawu aja yg khas gresik
    wkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas di cobaaa kulineran satu ini :D

      Delete
  6. Kalau bilang nasi Menir aku ingatnya jadi meneer. :D.
    Tp 18ribu buat ukuran Gresik dapat lauk banyak kayak gitu worth it banget ya. Jadi lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. meneer nyonya meneer kah ? 😁

      Haha iya mbak, kapan-kapan ayo nyobain

      Delete
  7. Porsi dan lauknya mantap banget yaa :D
    Itu ada pepes yg sangat menggoda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggoda banget dan murah meriah mass hahah

      Delete
  8. Satu jenis sama tiga jenis lauk perbedaannya tidak terlalu mahal ya. Jadi lebih baik tiga jenis lauk aja sekalian... hehe
    Namanya sih baru dengar, tapi belum pernah liat langsung, jadi penasaran pengen makan nasi menir nih.. hehe
    Habisnya menggoda buat perutku pengen terisi makanan. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending beli 3 lauk mas hahah. Yuk mari ke Gresik

      Delete
  9. Wiiiihhh mantap nih enak banget kayaknya

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/beli-jr-pass.html?m=1

    ReplyDelete
  10. gresik itu memang bnyk makanan enak yaaa... pertama kali dulu nyobain nasi krawu aja udh tergila2 ampe skr, krn sambelnya yg pedeees... nasi menir ini aku yakin jg bakal bikin aku suka nih :D. udh lama ih ga ke gresik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh harusss cobain nasi mener ini mbakk, yuk ke Gresik lagii :))

      Delete
  11. baru tahu ada nasi menir ... tapi fotonya begitu menggoda, apalagi saya suka makan belut .. tapi di jakarta susah untuk mendapatkan belut ... eh malah curcol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mas ? Di jkt susah belut ?

      hikss yauda kemarii 😎

      Delete
  12. Satu-satunya penjual di dekat SMANU 1 atau ada yg lain? Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya cuma 1 yg ada disitu, di depan smanu 1 pas, yg jualan disitu cuma ibu2 ini

      Delete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~