Mengabadikan Sunset di Surabaya North Quay


Dari depan Surabaya North Quay
Siapa yang tak suka memandang rona senja di pinggir laut saat matahari tenggelam ? lebih-lebih saat otak sedang penat dan membutuhkan penyegaran.
Siang setelah berkeliling dengan mbak Aqied, kami melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Tanjung Perak. Jarang sekali saya menikmati sunset di pelabuhan ini, karena jarak yang jauh dari rumah, membuat saya malas untuk kesana. Memasuki pintu loket, saya dikenai tarif sebesar Rp.5000 (lima ribu rupiah) sudah termasuk satu kendaraan bermotor dan saya.

Waktu itu hari sabtu, pelabuhan masi sepi. Sepertinya tidak ada jadwal keberangkatan atau memang para penumpang belum ada yang datang. Setelah sampai di parkiran, saya, mbak Aqied dan mbak Okta langsung berebut ingin saling berfoto di depan pelabuhan.

Mbak Aqid di depan Pelabuhan
Jarang-jarang saya mendapatkan momen pas sepi-sepinya pelabuhan. Beberapa kali saya kesana, pelabuhan selalu ramai. Banyak orang memadati jalanan dan pintu masuk pelabuhan. Ada yang sedang tidur-tidur, membawa kasur lipat, membawa tikar dan sebagainya untuk menunggu jadwal keberangkatan kapal.

Memotret kapal-kapal dari dalam pelabuhan
Kondisi pelabuhan sudah berubah wajah, rasanya saat masuk seperti memasuki bandara, tampak bersih dan tidak kumuh lagi. Eskalatorpun berfungsi dengan baik, mesin-mesin atm juga sudah disediakan.Setelah berjalan agak jauh, saya memasuki ruangan dan menaiki eskalator. Sambil memotret ruangan disekitar, tiba-tiba mata saya tertuju ke arah lautan. Beberapa kapal sedang bersandar, dan ada juga yang sedang berjalan melanjutkan perjalanan berikutnya.

Lanjut ke lantai berikutnya tampak area food court. Food court ini biasanya setiap malam menampilkan penyanyi-penyanyi. Di dalam food court disediakan berbagai menu, jadi tinggal pilih ingin menyatap yang mana dan tak perlu takut kelaparan tentunya saat berkunjung ke Surabaya North Quay.

Saya berjalan lagi dan berkeliling disekitar pelabuhan. Karena cuaca yang masih cukup panas, saya memutuskan untuk duduk-duduk terlebih dahulu di rumput-rumput sintesis. Angin sepoy-sepoy membuat saya ngantuk, rasanya ingin rebahan dan tidur saja di sini. Saya, mbak Aqied dan mbak Okta saling berbincang, sesekali melihat situasi disekitar. Surabaya North Quay bisa menjadi opsi menikmati liburan bersama keluarga, melihat kapal-kapal yang bersandar atau sekedar duduk-duduk menikmati angin pelabuhan sambil rehat sejenak.
Beberapa kapal sedang bersandar di Pelabuhan
Berfoto di depan kaca-kaca

Menghabiskan sore di Surabaya North Quay merupakan ide yang bagus, karena semakin sore pesona sunset semakin terlihat cantik. Saya akhirnya mengambil posisi untuk sesegera mungkin mengabadikan momen sunset di pelabuhan ini, sesekali saya memandangi lautan dan matahari yang akan tenggelam. Beberapa gambar sudah saya abadikan, semakin larut malam para pengunjung yang berdatangan semakin ramai.
Abadikan sunset di Surabaya North Quay

Mau lihat sunset di Surabaya ? datang saja kesini




Tidak hanya sunset, saya juga menikmati gemerlapnya lampu-lampu di pelabuhan. Ah kalau kata mbak Aqied, lampu-lampu ini seperti lampu-lampu di Hongkong hahah. Beberapa kali kami saling bergantian untuk berfoto sambil menikmati malam panjang di Surabaya North Quay. Jadi apabila kalian bingung ingin menghabiskan sore santai dimana ? datang saja ke Surabaya North Quay.

Tips :
  1. Apabila ingin mengabadikan sunset dengan baik, setidaknya bisa datang lebih awal. karena jalanan kota Surabaya sering macet. Paling tidak jam 3 sore sudah tiba di lokasi.
  2. Tidak perlu takut kelaparan, karena ada banyak jajan di food court. Kamar Mandi, Musolla dan ATM juga tersedia.
  3. Biasanya kalau malam minggu lebih padat dan ramai, karena ada live music di food court. Apabila ingin datang waktu sepi, datanglah saat weekdays.

18 comments:

  1. belum kesampean nyunset disini, takut ketinggalan kereta mutiara timur ke bwi soalnya :D
    sekarang udah musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg waktu itu ya mas hahah yauda kapan2 ke sana lagi

      Delete
  2. aku pernah liat sunset juga di sini tapi belum pernah liat yang ciamik banget sepertinya mesti balik lagii

    ReplyDelete
  3. wah mantap penuh dengan kenangan di kota sura baya haha

    ReplyDelete
  4. Liat sunset di sini sambil dengerin lagu-lagunya Senar Senja pasti cihuy banget dah. Asyik ya temannya, kalau bawa bRe kesini pasti bakalan teriak-teriak girang karena bisa lihat kapal besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak, ke Surabaya ku tunggu loh 😍😍...
      Aku sukanya kalo lihat senja sambil dgerin lagunya Danilla 😂😂

      Delete
  5. Ya ampum cantik banget sih senjanya mbak.. Kalau ke surabaya aku coba deh, uuwww
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak salam kenall.. Coba aja mbak kali cocok ama senjanya wkwkwk

      Delete
  6. Woh. Tanjung Perak jauh dari kesan Pelabuhan yang kotor dan bau ya. Sangar

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw aku pas awal kesana buka²an itu yo kaget pol mas. Kok ya apik bgt huahahah keren pelabuhan

      Delete
  7. Belum sempat nyunsetan bareng disini. Lama ga ke Surabaya. Apiiiiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kamu kayaknya sibuk bgt mbak hahah, ajak aku mbak, kalo kamu berkunjung ke Sby

      Delete
  8. Ah senjanya keren, Mbak. Banyak spot foto keren ya..

    ReplyDelete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~