Tempat Wisata Candi Di Yogyakarta Anti-Mainstream Yang Harus Kamu Datangi


Namanya adalah Yogyakarta, kota dengan sejuta kenangan dan tempat wisata impian bagi banyak orang. Setiap mendengar kata Yogyakarta, saya langsung teringat akan sepenggal lirik

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu

Di kota romantis tersebut, kamu bisa menemukan berbagai macam tempat wisata, kuliner, hingga kebudayaan yang ada. Bagi kebanyakan orang yang kurang tahu tentang Yogyakarta, banyak yang belum tahu harus pergi ke mana saat ke sana. Kebanyakan orang akan berwisata ke tempat-tempat populer yang itu-itu saja.

Tahukah kamu jika di candi di Yogyakarta tidak hanya Candi Prambanan dan Candi Sewu saja? Masih ada banyak candi yang bisa kamu jadikan tujuan belajar ragam sejarah candi sekaligus mengeksplor tempat wisata di Yogyakarta lainnya. Agar tidak mainstream seperti kebanyakan orang, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata berikut ini

Istana Ratu Boko

sumber:ngetren.co.id

Tidak seperti candi yang lainnya, Istana Ratu Boko ini lebih menampakkan diri sebagai bangunan tinggal dari masa lampau. Terdapat beberapa bagian bangunan seperti kolam, batu berundak, candi pembakaran, pendopo, candi kolam, dan juga yang lainnya. Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini memang sudah mulai terkenal di seantero negeri. 
Hal tersebut semata-mata karena pemandangan senja di sana begitu memukau dengan suasana candi yang masih alami. Sempat diulas menjadi spot sunrise terbaik di blog traveloka, ternyata Istana Ratu Boko juga menjadi tempat menarik untuk merasakan senja yang berbeda. Namun pada sore hari, tiket masuk naik menjadi sebesar Rp. 100.000. Sedangkan untuk tiket pagi hari hanya Rp. 35.000 saja. Kebayang kan gimana spesialnya suasana sunset di candi ini!

Candi Abang

sumber:idntimes.com/tnovia
Candi yang satu ini adalah tempat yang tepat jika kamu ingin belajar sejarah sekaligus menyepi di alam yang sejuk. Yang unik dari Candi Abang yakni bahan baku pembuatan candi tersebut berasal dari batu bata merah dan berbentuk seperti piramida. Di puncak candi tersebut terdapat tangga untuk menuju sumur. Yang lebih unik lagi, di bagian luar candi tumbuh rumput hijau nan segar sehingga candi lebih tampak seperti gundukan bukit jika dari jauh.

Candi Ijo

Tampak sisi selatan bangunan Candi Ijo
 
Saya memotret dari atas candi Ijo.
Berada tidak terlalu jauh dari Istana Ratu Boko, Candi Ijo adalah destinasi berikutnya yang tak boleh kamu lewatkan.  Candi ini dinamakan Candi Ijo karena letaknya yang berada di atas bukit Gumuk Ijo. Candi yang unik ini memiliki susunan struktur bangunan keren serta relief unik. Ada juga prasasti berupa mantra yang kini berada di Museum Nasional Indonesia. Untuk masuk ke candi unik ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp.5000. Saya paling suka menikmati matahari tenggalam di sini, rona jingganya selalu menawan.


Candi Barong
sumber:wikipedia.org/ Crisco 1492
Candi Hindu ini adalah lokasi menarik yang belum begitu terjamah wisatawan karena akses yang masih sulit untuk menuju ke sana. Padahal pelataran Candi Barong ini begitu indah dikelilingi sawah dan tampak tebing breksi dari kejauhan. Jika sempat, cobalah untuk datang ke Dusun Sambisari, Sambirejo, masih di Kompleks Candi Prambanan.

Ternyata keunikan Yogyakarta itu ga ada habis-habisnya ya, Candi-nya saja masih ada banyak yang mungkin saja kamu belum pernah kunjungi. Karena itu, bagaimana kalau liburan yang akan datang kamu kembali ke Yogyakarta. Siapkan semua keperluan dari sekarang dan intip harga tiket dan penginapan siapa tau kamu beruntung dapat harga menarik yang nyaman buat kantong, memesan jauh-jauh hari pastinya bisa dapat harga yang lebih masuk akal kan?

2 comments:

  1. candi ijo itu lumayan terdengar hits ya kak... aku selama ini cuma baru sekali doang ke candi, yakni candi borobudur... #jejakbiru

    ReplyDelete
  2. oh iya.. itu istana ratu boko juga indah banget ya mbak... di Jember nggak ada candi kayaknya xixixixixi #jejakbiru

    ReplyDelete

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~