7 Feb 2022

Naik DayTrans Yogyakarta- Surabaya Patut Dicoba


 

Pandemi COVID-19 membuat saya harus banyak memilih moda transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Ya sebetulnya Jogja-Surabaya itu jaraknya gak terlalu jauh sih, tapi meski gak jauh, buat saya kenyamanan itu nomor satu. 
 
Saya cukup sering naik kereta api untuk rute Jogja-Surabaya, beberapa kali juga naik bis, tapi untuk saat ini saya membatasi naik bis karena selalu ada aja apesnya, mulai dari ketiduran sampai masuk ke garasi bis dan kondekturnya gak sadar kalo saya sebagai penumpang gak turun-turun. Intinya saya sering apes kalau naik bis, jadilah saya membatasi untuk berpergian dengan menggunakan bis, ya kecuali kepepet keuangan haha karena bis jauh lebih murah dibanding moda transportasi yang lain. 

Kalau dalam rangka banyak uang tentu saya milihnya naik pesawat aja, cepat gak ribet. Dulu waktu SMP rasanya petualang banget gitu ke Jakarta dari Surabaya menggunakan kereta, bis atau ke Lombok naik bis dari Surabaya. Tapi setelah usia besar sedikit, saya malas haha dahlah naik pesawat aja kilat. 

Singkat cerita, saya baru tahu kalau ada DayTrans. DayTrans ini merupakan sarana transportasi yang menggunakan HiAce, ya travel gitu tapi lebih kekinian banget, alias gampang cara bookingnya, karena DayTrans punya aplikasi sendiri gak gabung dengan Online Travel Agent lainnya. 

LOKASI SHELTER SETURAN, YOGYAKARTA. 


DayTrans juga sekarang punya banyak rute, gak cuma Yogyakarta - Surabaya tapi ada juga Solo-Surabaya, Bandung-Jakarta, Jakarta- Yogyakarta dan masih banyak lainnya. Untuk harganya sendiri juga menurut saya standar, tidak yang terlalu mahal tapi sesuai dengan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. 

Cara Pemesanan. 
Kalian tinggal pesan melalui aplikasi, nah aplikasinya "DayTrans" jangan lupa download terlebih dahulu, bisa di App Store atau Play Store. Lalu masukkan kode referall IHG43C nanti dapat potongan diskon. Setelah itu pilih tanggal keberangkatan serta tujuan, lalu pilih jam keberangkatan, setelah itu pilih deh kursi yang kalian mau untuk duduk. Nah untuk pilihan kursi sendiri ada beberapa jam yang kita gak bisa milih kursinya, jadi cek dulu jamnya yang tersedia nah kira-kira bisa gak kita pilih nomor kursinya sendiri. 

Harga terbaru


Cara Bayar. 
Kalau prosesnya sudah selesai, jangan lupa bayar kode bookingnya melalui QRIS scan barcode gitu, langsung bayar. Bisa juga dengan menggunakan cara-cara lainnya yaitu ATM, Internet Banking, Alfamart, Indomaret, PT Pos, GOPAY, ShopeePay, Link Aja, Dana, OVO dll. 




Saya memesan tujuan Yogyakarta-Surabaya dengan keberangkatan pukul 10;30 WIB. Ya lumayan gak terlalu pagi dan gak terlalu siang juga. Di Jogja sendiri ada dua shelter atau tempat pemberhentian DayTrans yaitu di Seturan dan di Jl. MT Haryono. Waktu yang ditempuh untuk perjalanan Jogja-Surabaya sekitar 4 Jam 30 Menit. Ya ini termasuk cepat sih, karena selama perjalanan kami tidak sering berhenti kecuali ada penumpang ingin ke toilet dan juga lewat tol. Sehingga lebih terbebas dari macet dan cenderung lebih cepat. 

TAMPILAN DAYTRANS


Harga yang harus saya bayar untuk perjalanan Jogja-Surabaya sekitar 160ribu. Kalau sedang ada diskon kadang bisa 96ribu. Belum lagi naik DayTrans tidak mewajibkan kita untuk swab antigen, jadi ya terasa lebih murah karena gak tambah budget antigen. Satu mobil HiAce kemarin cuma terisi 6 orang dan itu masih luas sekali, aman lah kalo mau bilang social distancing.

kondisi di dalam DayTrans


DayTrans ini hanya bisa berhenti di titik tertentu saja, apabila sejalur dengan arah shelter kita bisa minta turun di titik tersebut. Misal kalo ke Surabaya, kita bisa minta diturunkan di Bunderan Waru (Cito), karena lokasi shelternya ke arah Wonokromo, nah lain cerita kalau misal minta turunnya di depan rumah langsung, gak bisa. Karena DayTrans hanya mengantarkan dari shelter kota A ke kota B saja, bukan yang menjemput di depan rumah. 

DayTrans juga punya jasa lain gak cuma travel tapi bisa pesan makanan-makanan khas dari kota tertentu, nah nanti kita tinggal ambil ke shelter terdekat dari tempat kita. Kalo yang ini jujur saya belum pernah coba sih, ya nantilah saya akan coba. 

Apakah Patut Dicoba.
Sejauh ini saya cukup merekomendasikan untuk cobain naik DayTrans, di sisi lain bookingnya gampang, pelayanannya juga enak dan tepat waktu gak mengulur waktu yang lama dalam perjalanan. Sopirnya ya rapih-rapih dan nyetirnya juga gak ugal-ugalan. Kita juga dapat air mineral setelah cek tiket atau lapor ke petugas. Oiya waktu naik DayTrans ini juga gak ada batasan untuk bawa berapa barang, ya intinya tahu diri lah karena harus berbagi dengan yang lain. 

Selengkapnya bisa cek di https://daytrans.co.id/




0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~