20 Jul 2022

Pengalaman Atasi Masalah Kulit Kepala pada Wanita Berhijab dengan Yordania Sea Salt Scarlett

Karena saya perempuan berhijab, sering kali saya mengalami masalah-masalah pada rambut yang tidak dapat dihindari seperti rontok, rambut mudah lepek dan gatal karena keringat. Berkeringat ini menurut saya agak menganggu misal sedang merasa gerah dan makan terlalu pedas. Masalah-masalah ini membuat saya kemudian rutin untuk keramas, padahal pengennya sih seminggu 2x saja atau kalau bisa sekali haha.

Beberapa bulan ini saya mencoba beragam shampoo buatan lokal. Menurut saya, sekarang pilihannya manfaat banyak jika ingin menggunakan shampoo produk-produk lokal, mulai dari yang bahannya alami hingga yang kandungannya seperti shampoo pada umumnya. Syukurnya rambut saya tidak begitu bermasalah jika mencoba beragam shampoo. Karena beberapa orang yang saya tahu, biasanya mereka langsung mendapatkan reaksi. Seperti ketombe banyak, kulit kepala yang perih dan gatal serta kerontokan semakin parah. 


Cara Memilih Shampoo Tepat untuk Kulit Kepala 

Dalam memilih jenis shampoo hal yang paling utama saya lihat adalah kandungannya, saya cenderung suka dengan shampoo yang ada sensasi dinginnya karena lebih segar aja. Nah biasanya shampoo jenis ini peruntukkannya untuk orang-orang yang kulit kepalanya cenderung berminyak. Sementara saya sendiri, kulit kepalanya kadang kering dan kadang berkeringat jadi tidak nentu. 

Nah ternyata untuk mengenali tipe kulit kepala kita ada caranya lho!

Caranya letakkan ujung jari di kepala, kemudian gosok sedikit dengan perlahan. Jika terlihat minyak tebal maka kulit kepala kita tipenya adalah berminyak. Apabila tidak ada minyak tebal di ujung jari kita, maka kulit kepala adalah tipe kering atau normal. Dengan mengetahui tipe kulit kepala yang jelas, ini ngebantu kita dalam memilih produk hair yang tepat untuk jenis rambut yang sesuai. Ya kira-kira sama ketika kita pilih skincare, kalo kondisi acne yang pilih acne produk. 
 

Step by Step Hair Care 

Ketika akan keramas, kalau sedang rajin, saya melakukan serangkaian hair care terlebih dahulu. Biasanya saya menggunakan minyak rambut yang langsung dipijat-pijatkan di kepala ya 5-10 menit saja sih. Kemudian rambut saya bilas dan baru menggunakan shampoo dan dilanjut dengan conditioner. Conditioner ini buat saya sifatnya optional, ya kadang saya pakai dan kadang enggak. Tergantung formula shampoonya, jika setelah keramas rambut dalam keadaan tidak kaku dan kusut, ya saya cukup menggunakan shampoo saja. 

Jika rambut masih kaku, maka ya saya harus menggunakan conditioner. Setelah selesai keramas, rambut saya keringkan dengan kondisi agak lembab. Sehingga saya bisa tuangkan vitamin rambut. Saya biasanya mensisir rambut ketika rambut sudah kering sempurna. Jika belum kering, ya saya keringkan terlebih dahulu. Sebab, jika langsung mensisir rambut, maka rambut saya akan mengalami kerontokan yang sangat banyak. 


Kandungan dan Manfaat Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner Yordania Sea Salt Apa Saja? 

Saya kemudian mencoba produk baru Scarlett yaitu Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner Yordania Sea Salt. Yordania Sea Salt set ini punya aroma wangi-wangian bunga. Shampoonya wangi Magnolia dan Conditionernya wangi bunga sedap malam. Sea Salt dalam Shampoo ini ternyata punya banyak manfaat jika digunakan di kulit kepala, seperti bisa menyerap minyak berlebihan, mengontrol kadar minyak pada kulit kepala, membersihkan kulit kepala, membuat rambut lebih halus dan lembut dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Nah manfaat ini ternyata cocok digunakan pada kulit kepala saya yang hari-harinya menggunakan hijab. 





 
Cara Keramas Menggunakan Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner Yordania Sea Salt 

Ketika akan melakukan keramas, tuangkan shampoo secukupnya saja jangan terlalu banyak. Kemudian pertama-tama usapkan pada bagian ujung rambut hingga ke atas, tipsnya saat shampooan tidak perlu terlalu menunggu lama, sebentar saja mencucinya 2 menit untuk rambut yang tidak terlalu panjang dan tidak perlu didiamkan, karena jika didiamkan justru menyebabkan rambut rontok, setelah itu dibilas dan gunakan conditioner. Saat menggunakan Conditioner, usapkan saja di batang rambut atau ujung rambut saja tidak perlu mengenai kulit kepala atau akar rambut. Karena menurut pengalaman saya, jika diusapkan ke kulit kepala, justru menimbulkan gatal-gatal. Setelah diusapkan, tunggu 3 menit saja sudah cukup, kemudian bilas dengan bersih. Ketika keramas pun, saya menyarankan untuk gunakan air dingin saja, sebab jika menggunakan air hangat atau panas, malah cenderung membuat rambut mudah rusak dan rontok. 






Gimana Setelah Menggunakan Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner Yordania Sea Salt? 

Pertama kali saya menggunakan, rambut rontok yang cukup banyak, awalnya saya mengira “apa saya tidak cocok ya dengan shampoo ini”. Namun setelah pengunaan 3-4x rontoknya mulai berkurang, baik saat keramas atau setelahnya. Tekstur shampoonya gel yang tipe lembut seperti shampoo-shampoo di salon, sementara untuk conditioner teksturnya gel yang padat. Saat digunakan di kepala tidak ada sensasi dingin. Asumsi saya sih ini cocok untuk berbagai jenis kulit kepala. Untuk urusan wangi-wangian Scarlett masih juaranya sih. 3 hari setelah keramas pun rambut masih aroma wangi dan lembut. Mungkin karena saya berhijab juga jadi minim terkena bau asap atau jalanan. Secara keseluruhan saya suka aroma wangi dan hasilnya yang bikin rambut lebih lembut. 

tekstur gel shampoo 


tekstur gel conditioner



Kemasan dan Harga Yordania Sea Salt Shampoo dan Yordania Sea Salt Conditioner 

Dari segi kemasan kedua produk Yordania Sea Salt Shampoo dan Yordania Sea Salt Conditioner, memiliki kemasan yang terbuat dari bahan plastik jadi bisa dibawa kemana saja tanpa takut pecah. Masing-masing produknya punya ukuran 250ml. Cara mengeluarkan produknya juga mudah karena tinggal ditekan saja, cuma mungkin kedepannya semoga ada series yang pump, karena menurutku lebih memudahkan dalam penggunaan. Dari segi harga sendiri, kedua produk dijual dengan harga Rp. 75.000, yang kadangkala juga ada harga diskon jadi pantengin terus saja sampai dapat harga diskon hihi.

Produk Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner Yordania Sea Salt penggunaannya disarankan untuk usia di atas 13 tahun dan produknya aman digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. 

Beberapa produknya juga bisa dibeli melalui link berikut: https://linktr.ee/scarlett_whitening

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Pembaca Mesra Berkelana

Tinggalkan komentarmu dan kita makin saling akrab ~