Sudah dua tahun saya tinggal di Yogyakarta dan baru kemarin lah saya ada waktu untuk datang ke ART JOG 2019. Saya datang saat pembukaan tepat di tanggal 25 Juli. Suasananya cukup ramai sekali, beragam pengunjung mulai dari tua muda datang ke ART JOG 2019. Pembukaan ART JOG 2019 ini didatengin oleh Ibu Mentri Sri Mulyani, tepat jam 20:00 Wib ART JOG 2019 resmi dibuka. Dewasa dikenai tarif sebesar Rp. 50.000 sedangkan anak-anak dari usia 3-12 thn dikenai tarif sebesar Rp. 25.000. 

Beberapa teman saya bilang, bahwa setiap tahunnya ART JOG punya tema masing-masing. Nah kalau saya llihat-lihat ART JOG 2019 kali ini temanya tentang bumi membumi. Saya kerap menjumpai beberapa karya seni yang bersinggungan dengan tanah, daun, ranting dan beragam lainnya. 

Penampilan di ART JOG 201
Karya yang terbuat dari kumpulan bambu







Oya, saya juga menjumpai aneka karya dari Lulu Lutfi  Labibi yang dipakai oleh para model. Sayangnya saya tak sempat lihat perfom tarian dari Miss Indonesia. Karena harus mengantri dulu sebelum masuk ke depan. 










ART JOG 2019 ini terdiri dari 3 lantai dan semua karyanya tentu bisa dinikmati dengan baik. Saat itu saya tidak membaca secara cermat seluruh karyanya karena petugas telah memberi aba-aba untuk segera berganti dan keluar. Intinya di ART JOG 2019 ini banyak pesan-pesan untuk menjaga bumi, misal saat saya masuk ke ruangan seni di bawah ini di dalamnya memberikan pesan untuk tetap menjaga dengan baik ekosistem laut. Ada juga seniman yang fokus menggunakan sampah plastik sebagai media hiasnya dan masih banyak yang lainnya. 


Tenang saja, ART JOG 2019 ini masih buka dari tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus 2019. Jadi masih ada waktu kok buat yang berminat untuk datang dan menikmati karya-karya para seniman saat di ART JOG 2019. 

Catatan : 
Berlokasi di Jogja National Museum, Jl. Ki Amri Yahya, no. 1, Yogyakarta.
Buka dari Jam 10:00 - 21:00 Wib