Saat puasa kemarin saya keliling Jogja arah ke Selatan. Lewat sentral gudeng wijilan itu, kami berdua menjumpai kedai kopi yang lucu ini. Karena posisi waktu itu siang dan puasa, akhirnya kami berdua belum berkesempatan mampir.

Satu bulan kemudian, saya mencoba mengingat apa nama kedai kopi ini. Beberkal mengingat dekat area sentral gudeng ini akhirnya kami berdua meluncur ke sana. Kedai kopi ini tidak tertutup dan posisinya bersebelahan dengan penginapan bernama Cendela. Hanya ada beberapa kursi di sini dan ya bisa dibilang ini kedai kopi outdoor gitu.




Jun melihat lebih lama, kira-kira kopi apa di sini yang unik. Akhirnya kami berdua memutuskan memesan kopi susu wedang uwuh. Saya memesan yang dingin dan Jun memesan yang panas. Meski tidak ada pendingin ruangan, kedai kopi ini tidak terlalu panas kok. Karena disekitarnya banyak pohon-pohon yang rindang. Kalo siang-siang di sini rasanya kayak dikipasin angin yang sepoy-sepoy.




Kira-kira 15 menit berlalu, kopi pun datang. Saya sih tidak berekspetasi apa-apa, ya palingan kayak kopi susu biasa.  Jun pertama kali menyeruput kopinya, dia langsung bilang kalo kopi ini rasanya luar biasa. Jun bilang, saat mau minum aroma rempah wedang uwuhnya terasa sekali dilanjut saat sudah masuk ke lidah rasa rempah makin terasa. Nah ketika sudah ditelan, rasa-rasa kopinya ini muncul ya pahit-pahit khas kopi gitu.




Karena penasaran, saya pun akhirnya mencoba minum. Saya setuju aroma rempahnya wangi sekali. Saat saya minum rasa wedangnya seperti wedang pada umumnya, namun yang membedakan yakni ketambahan rasa susu. Saya masih bingung letak rasa kopinya di mana. Saat tegukan kedua, saya baru ngerasa ketika si kopi hendak di telaan, pahitnya ini mulai muncul berstep-step gitu. Saya pun akhirnya sepakat bahwa kopi ini enak sekali dan belum pernah disebelumnya.

Saya menghabiskan waktu di sini lumayan lama karena keenakan sendiri. Di sebelahnya ini terdapat penginapan namanya The Cendela. Pintu kamarnya ini lucu-lucu banget gitu dan setiap kamar punya tema warna masing-masing, mulai dari merah, pink, kuning dll. Mungkin bisa dicoba lain waktu, karena lokasi ini agak di tengah kota gitu.



Kamar mandi di sini pun super bersih, oh iya di sini tidak ada musollanya ya. Ah pokok besok-besok kayaknya saya mau ke sana lagi deh.



Alamat : 
Jl. Panembahan Mangkurat No.10, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131