Setelah seminggu di Bawean, tepat hari Rabu (24/7/2019) saya balik ke Pulau Jawa. Waktu itu kami semua tidak pilih-pilih mau naik kapal apa saat kembali ke Jawa. Karena ketersediaan kapal tidak dapat dipastikan sehingga kami pun tidak bisa memilih mau naik armada apa. 

Blue Sea Jet


Oiya saya pun dapat pesan dari Jun. kalau misal ingin pergi ke Bawean janganlah diburu waktu, karena ketersediaan transportasi tadi yang tidak bisa diperkirakan. Memang setiap kapal punya jadwal, tapi kadang jadwal tersebut tidak bisa dibuat patokan akurat. Semisal pengalaman saya kemarin saat berangkat, harusnya saya bisa berangkat hari Minggu tapi diundur menjadi Selasa dan diundur lagi menjadi Rabu. 

Singkat cerita saya masih terbayang dengan kapal sebelumnya yang saya naiki saat menuju Pulau Bawean. Sebelum berangkat balik pun saya tidak mau makan terlalu banyak, hanya 3 suapan karena takut muntah. Tiba di pelabuhan, saya sudah diberi tiket oleh Jun. Tiket yang saya pegang yakni Blue Sea Jet. Saya belum tau bentuk kapalnya bagaimana dan seperti apa. 

Kira-kira satu jam sudah di Pelabuhan, perut saya makin lapar. Di pelabuhan banyak sekali pedagang dan akhirnya saya memutuskan untuk makan bakso saja ya daripada sakit perut karena memang laper banget. 

Petugas pelabuhan sudah mengumumkan bahwa penumpang kapal diharap melakukan check in tiket. Saya pun akhirnya masuk ke dermaga kapal dan mulai antri untuk chek tiket lagi sebelum masuk ke kapal. Tampak dari luar kapal yang saya tumpangi ternyata bagus dan saat masuk pun kapalnya bersih sekali dan wangi. 

Saya pun akhirnya bergegas mencari tempat duduk. Oiya kalau naik kapal ini duduknya sesuai dengan nomornya ya, gabisa asal duduk sembarangan. Kursi Blue Sea Jet ini punya formasi 3-6-6-3. Kapalnya sangat teratur dan di setiap kursi ada meja di depannya yang bisa dilipat. Di saku kursi ini ada beberapa informasi mulai dari standar keamanan hingga cara penggunaan wifi. Wow jangan salah, di Blue Sea Jet ini ada wifinya lho dan langsung bisa tersambung. Buat yang mau nonton film, kalian bisa download aplikasi Media Player Extreme dari Blue Sea Jet. 






Blue Sea Jet ini punya tiga kelas yaitu Executive, VIP dan VVIP. Waktu itu saya naik yang Executive dan sudah sangat nyaman. 

Semua petugas kapal mulai merapikan barang bawaan yang diletakkan di depan kursi penumpang. Jadi semua barang tas koper dan beberapa kardus diletakkan di bagian depan, semacam ada tempat kotak besar. 

Kira-kira 15 menit, petugas kapal pun mulai mengumumkan bahwa kapal akan segera berangkat menuju Pulau Jawa. Kapal mulai meninggalkan dermaga secara perlahan-lahan dan akhirnya kapal pun jalan dengan cepat. 

Karena saya berencana mengambil gambar Pulau Bawean dari jauh, akhirnya saya pun keluar bersama Jun ke deck kapal. Wow anginya terasa kencang dan kapal berjalan begitu cepat. Pulau Bawean terlihat makin menjauh dan makin tak terlihat. Saya berdiri di deck kapal sekitar 5-10 menitan, setelah itu saya masuk ke dalam dan duduk kembali. 

Perjalanan Bawean menuju Gresik ini ditempuh kira-kira 4 jam. Tapi bagi saya 4 jam ini tidak terasa, karena saya tinggal tidur, nonton tv di kapal dan mendengarkan lagu. Saya merasa naik Blue Sea Jet ini tidak terlalu banyak goyang, agak stabil dan cukup nyaman. Mungkin bagi yang pertama kali ingin naik kapal menuju Pulau Bawean, saya menyarankan naik Blue Sea Jet ini. 

Tiket Blue Sea Jet ini bisa didapatkan di Pelabuhan atau agen-agen tiket. Harga tiket yang saya beli ini Rp. 160.000. Naik kapal ini tidak dapat snack maupun minuman ya, jadi usahakan bawa air mineral sendiri. Di Blue Sea Jet sendiri tidak ada pedagang keliling. Kalau kalian ingin membeli snack, mie atau minuman langsung saja pergi ke kantin yang letaknya ada di depan. 

Secara keseluruhan saya tidak mengeluhkan apa-apa saat naik Blue Sea Jet ini. Semoga kapan-kapan kalian bisa mencoba :D 

Catatan : 
Buat yang mau naik Blue Sea Jet sekarang bisa pesan lewat online klik website blueseajet.com 


Masukkan keberangkatan dan  tujuan 

Tanggal keberangkatan, kalau mau pesan PP bisa klik return. 




Klik jenis penumpang di sini ada “ Adult, Child dan Infants ”

Setelah itu akan muncul berikut, pilih salah satu misal Executive atau VIP. Selanjutnya  to klik Proceed checkout.


Setelah itu masukkan data diri yaitu Nama, email, no hp dan negara. Setelah data sudah diisi klik metode pembayaran. Metode pembayaran ini ada beberapa opsi misal ATM Transfer,  Alfa Group, Kredivo, Paypal (USD) atau Credit Card (IDR).  Setelah pilih lanjut ke “ Proceed to Payment” alias proses membayar. 

Pilihan metode pembayaran



Buka email lalu muncul pemberitahuan berikut

Catatan yang perlu diingat. 


Selanjutnya akan muncul kode pembayaran. Setelah dibayar selesai deh :D Selamat mencoba